EFEK PEMBERITAAN MEDIA MASSA TERHADAP PERSEPSI IBU RUMAH TANGGA TENTANG COVID 19 (Studi Kasus :Desa Cot Buloh-Arongan Lambalek)

JALINAH, NIM: 1705905030011 (2021) EFEK PEMBERITAAN MEDIA MASSA TERHADAP PERSEPSI IBU RUMAH TANGGA TENTANG COVID 19 (Studi Kasus :Desa Cot Buloh-Arongan Lambalek). Skripsi thesis, UNIVERSITAS TEUKU UMAR.

[thumbnail of BAB I-V.pdf] Text
BAB I-V.pdf

Download (1MB)

Abstract

Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui efek pemberitaan media massa terhadap persepsi ibu rumah tangga tentang Covid-19. Menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif, observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun jumlah informan pada penelitian ini ialah 8 orang ibu-ibu rumah tangga desa Cot Buloh, penentuan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Melakukan pendeskripsian hasil dari penelitian yang dihasilkan berdasarkan hasil wawancara dan observasi dengan informan, membedakan dan memilah-milah data yang sesuai dengan kerangka penelitian kemudian dianalisis, memperoleh data dan membuat suatu kesimpulan untuk menjawab tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efek media massa memberikan suatu perubahan yang pada diri seseorang baik dari pemikiran dan sikap yang di rasakan atau yang ditunjukkan. Penelitian ini terangkum efek media massa terhadap persepsi ibu rumah tangga, memberikan efek yang bersifat strong effect (efek yang kuat). Dengan demikian persepsi dan perilaku ibu rumah tangga terbentuk berdasarkan kebutuhan dan kepentingannya. Dimana sebagian ibu rumah tangga mereka merasakan kekhawatiran dan takut dengan adanya pemberitaan Covid 19, dengan adanya informasi di media pengetahuan ibu rumah tangga meningkat tentang Virus Corona serta perbedaannya dengan penyakit lain serta upaya pencegahan yang harus dilakukan yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan. Perubahan persepsi seseorang terhadap suatu peristiwa atau fenomena merupakan penyebab dari situasional atau yang di pengaruhi dengan kondisi lingkungannya berdasarkan fenomena apa yang sedang terjadi. Begitulah dengan persepsi ibu rumah tangga desa Cot Buloh, dari efek pemberitaan media massa menimbulkan beberapa persepsi di kalangan ibuibu rumah tangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Teuku Hermilan, S. IP
Date Deposited: 15 May 2023 03:43
Last Modified: 15 May 2023 03:43
URI: http://repositori.utu.ac.id/id/eprint/899

Actions (login required)

View Item
View Item