FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN JAMBAN OLEH MASYARAKAT DI DESA MAREK KECAMATAN KAWAY XVI KABUPATEN ACEH BARAT

NURMALAWATI, NIM :07C10104126 (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN JAMBAN OLEH MASYARAKAT DI DESA MAREK KECAMATAN KAWAY XVI KABUPATEN ACEH BARAT. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
-Unlicensed-BAB I.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
-Unlicensed-BAB V.pdf

Download (134kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id

Abstract

Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Penggunaan Jamban oleh Masyarakat di Desa Marek Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat. Dibawah bimbingan Sufyan Anwar, SKM, MARS dan Afrizal, DNCom, SE. Penggunaan jamban yang rendah merupakan salah satu masalah di bidang kesehatan yang perlu mendapat perhatian karena peranannya dalam memutus mata rantai penularan penyakit. Tujuan penelitian adalah mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan penggunaan jamban keluarga oleh masyarakat di Desa Marek Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat, pengumpulan data dengan menggunakan instrument berupa koesioner dianalisa dengan menggunakan uji Chi-Square. Penelitian ini bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional, penelitian ini dilakukan pada 29 Maret sampai dengan 3 April 2013. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan adanya hubungan antara pengetahuan dengan penggunaan jamban dimana dengan nilai p=0,000 adanya hubungan antara pendidikan dengan penggunaan jamban dimana nilai p=0,000 adanya hubungan antara pekerjaan dengan penggunaan jamban dimana nilai p= 0,003 Adanya hubungan antara penghasilan dengan penggunaan jamban dimana nilai p=0,003 Adanya hubungan antara kondisi jamban dengan penggunaan jamban dimana nilai p=0,000 di Desa Marek Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat. Disarankan Diharapkan bagi pemerintahan Gampong Marek agar ikut berpartisipasi sebagai penggerak masyarakat dalam penggunaan jamban yang baik. Diharapkan bagi Puskesmas Peureumeu Kacamatan Kaway XVI agar meningkatkan kegiatan penyuluhan baik dalam kuantitas maupun kualitas kepada masyarakat sehingga penggunaan jamban yang baik dapat ditingkatkan. Diharapkan bagi Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat adanya peningkatan sanitasi lingkungan berupa pengadaan fasilitas kesehatan seperti pembangunan jamban dan perbaikan jamban sehingga penggunaan jamban masyarakat yang baik dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Zulfikri., S.IP., ALC
Date Deposited: 27 Sep 2017 14:53
Last Modified: 27 Sep 2017 14:53
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/864

Actions (login required)

View Item View Item