FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN AIR GAMBUT DENGAN KEJADIAN PENYAKIT KULIT DI DESA LUENG MANE KECAMATAN KUALA PESISIR KABUPATEN NAGAN RAYA TAHUN 2014

Rina Yanti, NIM 06C10104224 (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN AIR GAMBUT DENGAN KEJADIAN PENYAKIT KULIT DI DESA LUENG MANE KECAMATAN KUALA PESISIR KABUPATEN NAGAN RAYA TAHUN 2014. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
I-V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (833kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id

Abstract

Dalam penggunaan air gambut di kehidupan sehari – hari di Desa Lueng Mane masih sangat rendah. Hal ini dapat dilihat dari kejadian penyakit kulit dengan penggunaan air gambut Masyarakat di Desa Lueng Mane Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya Tahun 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi penggunaan air gambut dengan kejadian penyakit kulit di Desa Lueng Mane Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya (Pengetahuan, Sikap, Pendidikan dan Pekerjaan) Masyarakat. Jenis penelitian ini adalah analitik desain crosssectional survey dimana variabel terikat yang terjadi pada objek penelitian diobservasi dan diukur dalam waktu bersamaan. Penelitian ini dilakukan di Desa Lueng Mane Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya. Penelitian ini dilakukan dari bulan Juni sampai dengan Agustus 2014. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang menggunakan air gambut sebagai kebutuhan sehari-hari di Desa Lueng Mane Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya berjumlah 80 KK, dianalisis dengan univariat dan bivariat menggunakan uji chi-square. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa faktor – faktor yang mempengaruhi penggunaan air gambut dengan kejadian penyakit kulit di Desa Lueng Mane kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya, hal ini dilihat dari hasil Pengetahuan Pvalue>0,05tidak ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan terjadinya penyakit kulit di desa Lueng Mane kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya dan Sikap Pvalue > 0,05 sehingga diuraikan tidak ada hubungan yang bermakna antara sikap dengan terjadinya penyakit kulit di Desa Lueng Mane kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya. Kepada masyarakat seharusnya lebih memahami tentang pentingnya menjaga kesehatan terutama yang berhubungan dengan pemanfaatan penggunaan air gambut dalam aktifitas keseharian dari pengetahuan, sikap, pendidikan dan pekerjaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Zulfikri., S.IP., ALC
Date Deposited: 13 Sep 2017 11:47
Last Modified: 13 Sep 2017 11:47
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/85

Actions (login required)

View Item View Item