PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA TERHADAP PENERAPAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI PANTI ASUHAN SOSIAL SUCI HATI KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT

NURRISMAL HAYATI, NIM : 07C10104120 (2015) PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA TERHADAP PENERAPAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI PANTI ASUHAN SOSIAL SUCI HATI KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
-Unlicensed-BAB I.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
-Unlicensed-BAB V.pdf

Download (84kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id

Abstract

Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Siswa Terhadap Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Panti Asuhan Sosial Suci Hati Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat di bawah bimbingan Kartini, SE, M. Kes dan Marniati, SKM. M Kes. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat adalah bentuk pemberdayaan masyarakat yang sadar, mau dan mampu mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat. Upaya untuk mengembangkan program promosi kesehatan dan perilaku hidup bersih dan sehat lebih tearah, terencana, terpadu dan berkelanjutan. Di mana perilaku bersih dan sehat diperlukan di setiap rumah, sekolah atau tempat lainnya. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan desain cross sectional dan dilakukan di Panti Asuhan Suci Hati. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang ada di Panti Asuhan Suci Hati dengan populasi sebanyak 190 siswa dan yang menjadi sampel sebanyak 65 orang. Analisis data dilakukan dengan uji Chi-Square dengan CI 95% dan α = 0,05. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuai Pengaruh pengetahuan dan sikap siswa terhadap penerapan perilaku hidup bersih dan sehat di panti asuhan sosial suci hati di Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat pada 18-28 September 2014. Dari 65 orang yang diteliti didapatkan sebagian besar responden memiliki pengetahuan baik terhadap perilau hidup bersih dan sehat sebanyak 37 0rang (56,9%), dan mayoritas responden memiliki sikap yang baik terhadap perilaku hidup bersih dan sehat sebanyak 42 orang (64,6%). Dari hasil penelitian menunjukkan pengaruh yang signifikan pengetahuan dengan nilai P Value 0,001 < α (0,05), efek dari sikap oleh perilaku hidup bersih dan sehat dengan P Nilai 0.00 < α (0,05). Diharapkan bagi institusi terkait masalah kesehatan agar dapat berkerja sama dengan masyarakat guna menciptakan perialku hidup bersih dan sehat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Zulfikri., S.IP., ALC
Date Deposited: 27 Sep 2017 13:46
Last Modified: 27 Sep 2017 13:46
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/844

Actions (login required)

View Item View Item