PENGARUH MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA PUSKESMAS JEURAM KECAMATAN SEUNAGAN KABUPATEN NAGAN RAYA TAHUN 2015

AYU PERMATA YOESI, NIM : 07C10104014 (2015) PENGARUH MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA PUSKESMAS JEURAM KECAMATAN SEUNAGAN KABUPATEN NAGAN RAYA TAHUN 2015. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
I-V.pdf

Download (445kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id

Abstract

Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Jeuram Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya Tahun 2015. Di bawah bimbingan Azhari, SKM, MKM Dan Sariaman Sitanggang, S.Si, Apt, MARS. Pelayan Kesehatan merupakan bantuan yang diberikan kepada individu yang sedang sakit dan memenuhi kebutuhan sebagai makhluk hidup yang beradaptasi terhadap stres dengan menggunakan potensi yang tersedia. Upaya peningkatan pelayanan kesehatan adalah langkah terpenting untuk meningkatkan daya saing usaha Indonesia di bidang kesehatan. Hal ini tidak ringan karena penigkatan mutu tersebut bukan hanya berlaku untuk Puskesmas saja tetapi juga berlaku untuk semua tingkatan pelayanan kesehatan Pemerintah dan Swasta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan berdasarkan Wujud, Kehandalan, Ketanggapan, Jaminan, Empaty petugas di wilayah kerja Puskesmas Jeuram Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya Tahun 2015. Sampel berjumlah 86 responden, menggunakan uji Chi-Square. Penelitian ini bersifat analitik dengan desain cross-sectional. Penelitian mulai dilakukan pada tanggal 28 Oktober s.d 11 November 2013. Hasil penelitian ini yang menyatakan wujud petugas memuaskan (70,2%), dan kehandalan petugas yang memuaskan (50%), ketanggapan petugas yang memuaskan (59,5%), dan jaminan petugas yang memuaskan (54,2%), serta empaty petugas yang memuaskan (74,1%). Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpilkan bahwa p value > α (0,607), > α ( 0,140) tidak ada hubungan antara wujud, empaty petugas, sedangkan ketanggapan, kehandalan serta jaminan petugas ada hubungan dengan kepuasan pasien dengan p value < α (0,000), < α (0,078), < α (0,016).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Zulfikri., S.IP., ALC
Date Deposited: 27 Sep 2017 13:26
Last Modified: 27 Sep 2017 13:26
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/831

Actions (login required)

View Item View Item