BUDAYA KERJA PELAYANAN TENAGA KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI POLI PENYAKIT DALAM RSUD CUT NYAK DHIEN MEULABOH TAHUN 2015

ITA YULIANA, NIM: 06C10104322 (2015) BUDAYA KERJA PELAYANAN TENAGA KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI POLI PENYAKIT DALAM RSUD CUT NYAK DHIEN MEULABOH TAHUN 2015. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
I-V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (740kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id

Abstract

Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator mutu pelayanan kesehatan. Dengan penerapan budaya kerja dan pelayanan tenaga kesehatan, kepuasan pasien menjadi bagian integral dan menyeluruh dari kegiatan jaminan mutu layanan kesehatan. Artinya pengukuran tingkat kepuasan pasien harus menjadi kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari pengukuran budaya kerja dan pelayanan tenaga kesehatan. Penelitian ini besifat survey analitik dengan pendekatan cross-sectional yang bertujuan mengetahui budaya kerja pelayanan tenaga kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Poli Penyakit Dalam RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh. Pengambilan sampel dilakukan secara accidental, yaitu sampel terpilih adalah setiap pasien rawat jalan yang dijumpai peneliti di Poli Penyakit Dalam RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh. Berdasarkan disiplin tenaga kesehatan yang diselenggarakan pihak Poli Penyakit Dalam RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh, sebanyak 44 responden (51,2%) menyatakan sangat baik. Begitu juga pada dedikasi tenaga kesehatan, sebanyak 48 responden (55,8%) mengkategorikan baik. Pada kerja sama tenaga kesehatan, sebanyak 48 responden (55,8%) menyatakan kurang baik. Tanggung jawab tenaga kesehatan, sebanyak 46 responden (53,5%) menyatakan kurang baik. Berdasarkan tingkat kepuasan pasien rawat jalan, sebanyak 68 responden (79,1%) menyatakan puas. Berdasarkan hasil analisa uji statistik Chis-quare, ada hubungan yang signifikan antara disiplin tenaga kesehatan (p= 0,001), dedikasi tenaga kesehatan (p= 0,022), kerja sama tenaga kesehatan (p= 0,045), dan tanggung jawab tenaga kesehatan (p= 0,036) dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Poli Penyakit Dalam RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh. Disarankan kepada pengambil kebijakan untuk dapat memprioritaskan kebijakan yang berhubungan dengan usaha-usaha meningkatkan motivasi kerja petugas kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Zulfikri., S.IP., ALC
Date Deposited: 13 Sep 2017 11:46
Last Modified: 13 Sep 2017 11:46
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/80

Actions (login required)

View Item View Item