HUBUNGAN PERSONAL HYGIENE DAN PERAN ORANG TUA TERHADAP KEJADIAN KEPUTIHAN ( FLOUR ALBUS) PADA REMAJA PUTRI DI SMA NEGERI I CALANG KABUPATEN ACEH JAYA

SADRI, NIM : 11C10104285 (2014) HUBUNGAN PERSONAL HYGIENE DAN PERAN ORANG TUA TERHADAP KEJADIAN KEPUTIHAN ( FLOUR ALBUS) PADA REMAJA PUTRI DI SMA NEGERI I CALANG KABUPATEN ACEH JAYA. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
I-V.pdf

Download (764kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

ABSTRAK SADRI. “Hubungan Personal Hygine dan Peran Orang Tua Terhadap Kejadian Keputihan (Flour Albus) Pada Remaja Putri di SMA Negeri I Calang Kabupaten Aceh Jaya” dibawah bimbingan Ibu Kartini, SE. M.Kes dan Bapak Nasri Risma, SKM. Masalah kesehatan reproduksi wanita yang buruk telah mencapai 33% dari jumlah seluruh penyakit yang diderita para perempuan di dunia. Angka ini lebih tinggi dibanding kesehatan reproduksi pria yang hanya mencapai 12,3%. Menurut survei awal yang telah dilakukan di SMA Negeri I Calang jumlah Siswi 168 dengan mewawancarai 10 orang remaja putri didapatkan 7 (70%) diantara 10 remaja putri mengatakan pernah mengalami keputihan yang tidak normal dan 3 (30%) putri mengalami keputihan yang normal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan personal hygine dan peran orang tua dengan kejadian keputihan (flour albus) pada remaja putri di SMA Negeri I Calang Kabupaten Aceh Jaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat analitik dengan pendekatan Desain Cross Sectional Survey. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Stratified Random Sampling sebanyak 63 orang remaja putri di SMA Negeri I Calang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Pengolahan data dilakukan secara manual dengan cara editing, coding, transfering, dan tabulating. Analisa data dengan menggunakan Uji Chi-Square. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 26 Februari - 8 Maret 2014, data Primer diperoleh dengan wawancara. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa remaja yang mengalami keputihan normal (54,0%) dan keputihan tidak normal (46,0%). Remaja yang mengalami personal hygine baik (49,2%) dan personal hygine kurang (50,8%). Orang Tua yang Berperan (50,8%) dan orang tua yang tidak berperan (49,2%). Ada hubungan antara personal hygine dengan kejadian keputihan (flour albus) pada remaja dengan nilai uji statistik (chi-square test) P=0,000 (α<0,05). Ada hubungan antara peran orang tua dengan kejadian keputihan (flour albus) pada remaja dengan nilai uji statistik (chi-square test) P=0,000 (α< 0,05). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat di simpulkan bahwa personal hygine dan peran orang tua berhubungan dengan kejadian keputihan (flour albus) pada remaja putri. Diharapkan kepada remaja dan orang tua agar dapat meningkatkan personal hygine agar menurunkan angka kejadian keputihan (flour albus) patologis pada remaja putri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Fajri El Caramoy
Date Deposited: 25 Sep 2017 14:05
Last Modified: 25 Sep 2017 14:05
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/796

Actions (login required)

View Item View Item