Analisis Faktor Penyebab Kejadian Abortus Pada Ibu Hamil Yang Berkunjung Di UPTD Puskesmas Woyla Barat Kabupaten Aceh Barat.

FADHLAN FAUSI, Nim : 11C10104274 (2016) Analisis Faktor Penyebab Kejadian Abortus Pada Ibu Hamil Yang Berkunjung Di UPTD Puskesmas Woyla Barat Kabupaten Aceh Barat. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
I-V.pdf

Download (655kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Fadhlan Fausi, Analisis Faktor Penyebab Kejadian Abortus Pada Ibu Hamil Yang Berkunjung Di UPTD Puskesmas Woyla Barat Kabupaten Aceh Barat. Dibawah bimbingan Fitrah Reynali, SKM, M.Kes, Elli Mulliany, SKM. Abortus adalah pengeluaran hasil konsepsi atau berakhirnya kehamilan sebelum janin dapat hidup di dunia luar (viable) tanpa mempersoalkan penyebabnya dengan berat badan <500 gram atau umur kehamilan < 20 minggu (Fadlun, 2012). Metode penelitian ini adalah Kuantitatif. Jenis penelitian survey yang bersifat survey analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study yaitu untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian abortus pada Ibu Hamil di wilayah kerja Puskesmas Woyla Barat Kabupaten Aceh Barat (Notoatmodjo, 2010). Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada hububungan Umur dengan kejadian abortus dibuktikan dengan nilai p (0,579), Ada hubungan Paritas dengan kejadian abortus dibuktikan dengan nilai p ( 0,002), tidak ada hubungan Hipertensi dengan kejadian abortus dibuktikan dengan nilai p (0,105), ada hubungan Anemia dengan kejadian abortus dibuktikan dengan nilai p (0,006), tidak ada hubungan Pendapatan dengan kejadian abortus dibuktikan dengan nilai p = 0,372 tidak ada hubungan Status Gizi dengan kejadian abortus dibuktikan dengan nilai p (0,002), Ada hubungan Kondisi Kesehatan dengan kejadian abortus dibuktikan dengan nilai p (0,005) . Ada Hubungan Paritas, Anemia dan Kondisi Kesehatan dengan kejadian Abortus. Sedangkan Umur, Hipertensi, Pendapatan dan Status gizi tidak ada hubungan dengan abortus Bagi Puskesamas Pasi Mali diharapkan memberi promosi kesehatan bagi masyarakat agar lebih mengerti tentang pentingnya menjaga kehamilan agar tidak terjadi abortus. Bagi Dinas Kesehatan agar dapat memberikan perintah kepada Puskesmas memberikan penyuluhan tentang tentang pemeriksaan kehamilan sesuai dengan yang dianjurkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Fajri El Caramoy
Date Deposited: 25 Sep 2017 13:55
Last Modified: 25 Sep 2017 13:55
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/792

Actions (login required)

View Item View Item