FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) MASKER PADA PETUGAS BAGIAN PORT OPERATION DAN TRANSSHIPMENT PT. MIFA ACEH BARAT TAHUN 2015

DEDE KHAIRUDDIN, NIM. 06C10104269 (2015) FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) MASKER PADA PETUGAS BAGIAN PORT OPERATION DAN TRANSSHIPMENT PT. MIFA ACEH BARAT TAHUN 2015. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
I-V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan kesehatan dan keselamatan tenaga kerja yaitu dengan pegendalian bahaya-bahaya lingkungan kerja dengan menggunakan alat pelindung diri sesuai dengan standar kerja yang telah ditentukan dalam prograa keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Namun dilapangan masih sering ditemui para pekerja yang kurang memperhatikan tentang penting alat pelindung diri bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Ada beberapa faktor personal pekerja yang berhubungan dengan penggunaan alat pelindung diri (APD) pada saat bekerja meliputi pengetahuan, sikap, tingkat pendidikan, umur, masa kerja, dan kenyamanan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan secara cross sectional untuk mengetahui faktor-faktor yangn berhubungan dengan penggunaan alat pelindung diri (APD) pada petugas Bagian Port Operation dan TransshipmentPT. MIFA Aceh Barat tahun 2015. Sampel penelitian ini didapat dengan menggunakan teknik total sampling yang berjumlah 35 orang. Metode pengambilan data secara primer yaitu dengan menggunakan kuesioner untuk mendapatkan data penelitian langsung dari responden. Hasil penelitian dengan menggunakan uji statistik Chi-Square (X2) didapatkan terdapat hubungan pengetahuan (p=0,030), sikap (p=0,024), umur (p=0,049), tingkat pendidikan (p=0,004), masa kerja (p=0,030), dan kenyamanan (p=0,032) dengan penggunaan alat pelindung diri (APD) masker pada petugas PT. MIFA Aceh Barat. Hasil penelitian ini dapat menjelaskan bahwa penggunaan alat pelindung diri (APD) khususnya masker pada pekerja saat bekerja sangat ditentukan oleh faktor internal pekerja itu sendiri, diluar faktor lain yang juga ikut memberikan andil pada pekerja dalam menggunakan alat pelindung diri sesuai dengan standar kerja, sehingga perlu kesadaran dari pekerja itu sendiri untuk dapat berkerja sesuai dengan standar keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang telah ditetapkan pemerintah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Zulfikri., S.IP., ALC
Date Deposited: 13 Sep 2017 11:46
Last Modified: 13 Sep 2017 11:46
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/79

Actions (login required)

View Item View Item