TINGKAT KEMATANGAN GONAD IKAN KERLING (Tor tambroides) DI DAERAH ALIRAN SUNGAI JAMBAK MEUREUBO KECAMATAN PANTE CEUREUMEN: PENDEKATAN HISTOLOGI

AGUSRIANA, NIM : 10C10432041 (2014) TINGKAT KEMATANGAN GONAD IKAN KERLING (Tor tambroides) DI DAERAH ALIRAN SUNGAI JAMBAK MEUREUBO KECAMATAN PANTE CEUREUMEN: PENDEKATAN HISTOLOGI. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I_V.pdf

Download (430kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kematangan gonad ikan Kerling jantan yaitu dengan melihatpendekatan indeks kematangan gonad (IKG) dan histologi. Pengambilan ikan sampel dilaksanakan selama 6 bulan yaitu juli sampai desember, dengan menggunakan alat tangkap jala. Metode Penelitian bersifat Kualitatif yaitu menggambarkan atau menjelaskan masalah yang terjadi yaitu Tingkat Kematangan Gonad Ikan secara Histologi. Gonad adalah organ reproduksi yang terdapat dalam tubuh individu ikan, pada ikan gonad berada disamping kiri dan kanan gelembung renang, dibawah vertebrae dan diatas saluran pencernaan. Histologi adalah ilmu yang mempelajari tentang struktur jaringan secara detail menggunakan mikroskop pada sediaan jaringan yang dipotong tipis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan perkembangan gonad ikan Kerling jantan memperlihatkan nilai indeks kematangan gonad (IKG) yang tertinggi didapatkan pada bulan Juli dengan nilai 7,12%. Sedangkan analisis histologi memperlihatkan bahwa selama perkembangan gonad didapatkan sel-sel spermatogonia, spermatosit primer, spermatosit sekunder dan spermatid dan ini hampir terdapat pada semua bulan pengamatan. Namun jika dilihat dari nilai proporsinya, tahapan sel-sel yang mendominasi pembelahan spermatogenesis ialah spermatid yaitu sebesar 55.5%. dengan demikian diduga ikan kerling jantan sudah memasuki fase akan memjah pada bulan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Ilmu Perikanan
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 25 Sep 2017 04:36
Last Modified: 25 Sep 2017 04:36
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/767

Actions (login required)

View Item View Item