FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STRES DALAM RANGKA MENINGKATKAN PRESTASI KERJA GURU DI MAN BLANGPIDIE KABUPATEN ACEH BARAT DAYA TAHUN 2015

HUSNUL FATA, NIM : 10C10104210 (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STRES DALAM RANGKA MENINGKATKAN PRESTASI KERJA GURU DI MAN BLANGPIDIE KABUPATEN ACEH BARAT DAYA TAHUN 2015. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
I_V.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Husnul Fata. 2016. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Stres Dalam Rangka Meningkatkan Prestasi Kerja Guru di MAN Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun 2015. Dibawah bimbingan Bapak Drs. Sayid Saifullah, M.Pd dan Bapak Jun Musnadi Is, SKM, M.Kes. Tingkat prestasi kerja para guru seperti peran guru dalam sekolah yang meliputi konflik peran, tuntutan tugas, hubungan dalam sekolah, dalam faktor luar sekolah yang membuat guru menjadi stres. Semua faktor stres ini dapat berdampak secara psikologis yakni mengarah pada kinerja dan prestasi keja guru di sekolah. Jenis penelitian ini adalah metode dengan desain Cross Sectional. Penelitian dilakukan di MAN Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya dan dilaksanakan pada tanggal 15 s/d 27 Agustus 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di MAN Blangpidie yang berjumlah 30 guru dan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan Total Sampling yaitu seluruh guru di MAN Blangpidie yaitu berjumlah 30 orang. Metode pengumpulan data secara langsung dari lapangan melalui wawancara kepada responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan antara tuntutan tugas dengan meningkatkan prestasi guru dengan nilai P-value 0,01<α0,05 dengan nilai OR 9,333, ada hubungan antara peran individu dengan menigkatkan prestasi guru dengan nilai P-value 0,03<α0,05 dengan nilai OR 8,500, ada hubungan antara hubungan/relasi terhadap meningkatkan prestasi guru dengan nilai P-value 0,007<α0,05 dengan nilai OR 8,500, ada hubungan antara mutu kerja dengan meningkatkan prestasi guru dengan nilai P-value 0,01<α0,05 dengan nilai OR 9,333, ada hubungan antara tanggung jawab dengan meningkatkan prestasi guru dengan nilai P-value 0,04<α0,05 dengan nilai OR 6,000, tidak ada pengaruh antara sikap dengan meningkatkan prestasi guru dengan nilai P-value 0,009>α0,05 dengan nilai OR 9,000. Kesimpulan ada hubungan antara tuntutan tugas, peran individu, hubungan/relasi, mutu kerja, tanggung jawab dan sikap dengan stres guru. Kepada sekolah agar membuat kurikulum yang baik dan terjadwal dan menambah tenaga guru dalam proses mengajar menyediakan sarana dan perlengkapan yang di butuhkan guru dan murid serta membuat strategi yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Fajri El Caramoy
Date Deposited: 25 Sep 2017 04:08
Last Modified: 25 Sep 2017 04:08
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/752

Actions (login required)

View Item View Item