ANALISIS PERINGATAN VISUAL DI KEMASAN ROKOK TERHADAP KEBIASAAN MEROKOK PRIA DEWASA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ALUE SUNGAI PINANG KECAMATAN JEUMPA KABUPATEN ACEH BARAT DAYA

REZA EFENDI, NIM : 10C10104121 (2016) ANALISIS PERINGATAN VISUAL DI KEMASAN ROKOK TERHADAP KEBIASAAN MEROKOK PRIA DEWASA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ALUE SUNGAI PINANG KECAMATAN JEUMPA KABUPATEN ACEH BARAT DAYA. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
I-V.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Pemerintah telah mengeluarkan peringatan visual untuk para perokok. Peringatan visual adalah peringatan dalam bentuk gambar. Jenis peringatan kesehatan terdiri dari; gambar kanker mulut, gambar perokok dengan asap yang membentuk tengkorak, gambar kanker tenggorokan, gambar orang merokok dengan anak di dekatnya dan gambar paru-paru menghitam karena kanker. Data kesehatan yang dirilis Dinas Kesehatan Aceh Barat Daya (2013) pun menunjukkan keadaan yang hampir sama, yaitu terdapat 2.208 kasus gangguan kesehatan di usia dewasa adalah karena gangguan pernafasan, batuk berdarah, jantung dan tekanan darah tinggi (75%) yang diindikasikan karena faktor kebiasaan merokok. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui Analisis Pengaruh Peringatan Visual di Kemasan Rokok terhadap Kebiasaan Merokok Pria Dewasa di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Alue Pinang Kecamatan Jeumpa Kabupaten Aceh Barat Daya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode wawancara mendalam (indept interview). Penelitian ini dilaksanakan di Wilayah Kerja Puskesmas Alue Sungai Pinang pada tanggal 29 Agutus- 15 September 2015, dengan jumlah informan 10 orang yaitu 5 orang informan utama dan 5 orang informan triangulasi, di analisis dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku merokok pria dewasa tidak berpengaruh dengan adanya peringatan visual. Hal ini karena para perokok merasa peringatan tersebut hanyalah gambar biasa. Para istri sangat mendukung adanya peringatan visual tersebut. Akan tetapi mereka merasa peringatan visual tersebut belum dapat membawa pengaruh baik bagi kebiasaan suami mereka untuk tidak merokok lagi. Diharapkan kepada pihak Dinas Kesehatan Aceh Barat Daya untuk dapat mengeluarkan peraturan agar rokok tidak lagi diperjual-belikan sembarangan di kios-kios sehingga tidak ada lagi masyarakat yang merokok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Fajri El Caramoy
Date Deposited: 25 Sep 2017 04:08
Last Modified: 25 Sep 2017 04:08
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/750

Actions (login required)

View Item View Item