PENGARUH MEDIA TELEVISI TERHADAP KESEHATAN FISIK MOTORIK PADA ANAK USIA BALITA DI GAMPONG SUAK RIBEE KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT

MELLIE RUSLI, NIM 06C10104262 (2015) PENGARUH MEDIA TELEVISI TERHADAP KESEHATAN FISIK MOTORIK PADA ANAK USIA BALITA DI GAMPONG SUAK RIBEE KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
I-V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (677kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id

Abstract

Media televisi merupakan hiburan gratis yang setiap saat dengan mudah dapat ditemui. Bagi sebagian anak, saat menonton televisi sambil ngemil adalah hal yang sering terjadi sehingga semakin hilangnya kebiasaan gerak badan menbuat kondisi ini menburuk sehingga dapat terjadi obesitas. Otak anak berkembang sangat cepat sehingga informasi apapun akan diserap, tanpa melihat baik maupun buruk. Anak usia balita sering disebut usia emas. Pada usia ini perkembangan otak dan motorik batita berkembang pesat. penelitian ini bersifat analitik dengan desain Cross-sectional.Penelitian ini dilakukan di Gampong Suak Ribee Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat pada tanggal 4 - 6 desember 2014, dengan populasi 60 orang responden dan sampel 60 responden dengan menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwadari hasil penelitian yaitu : hasil chi square(Pvalue media televisi (0,034)<α(0,05), artinya terdapat adanya pengaruh signifikan antara media televisi terhadap kesehatan fisik motorik di Gampong Suak Ribee kecamatan Johan Pahlawan kabupaten Aceh Barat Tahun 2014. Diharapkan kepada ibu yang memiliki anak usia balita agar dapat mengurangi frekuensi menonton pada anaknya, menberikan buku-buku yang bermanfaat, dan menberikan permainan edukatif yang bisa mengembangkan kreativitas psikomotorik dan menumbuhkan kreativitas anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Zulfikri., S.IP., ALC
Date Deposited: 13 Sep 2017 11:46
Last Modified: 13 Sep 2017 11:46
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/75

Actions (login required)

View Item View Item