HUBUNGAN PEMANFAATAN JENIS MEDIA MASSA DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI PADA REMAJA KELAS XI SMA NEGERI 2 MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT TAHUN 2015

NINA ROSLIANA, NIM : 10C10104090 (2016) HUBUNGAN PEMANFAATAN JENIS MEDIA MASSA DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI PADA REMAJA KELAS XI SMA NEGERI 2 MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT TAHUN 2015. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
I_V.pdf

Download (469kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Nama: Khaizar. Nim: 10C10104089. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar. Hubungan Karakteristik WUS Terhadap Perilaku Seksual Berisiko di Desa Geulangganag Gajah Kecamatan Kuala Batee Kabupaten Aceh Barat Daya. Dibawah bimbingan Kartini, SE., M,Kes dan Ira Susanti, SKM. Perilaku seksual adalah perilaku yang dapat mengakibatkan penyakit kelamin diantarnya penyakit keputihan seperti yang terjadi di Desa Geulanggang Gajah, dimana sebanyak 5 orang mengalami keputihan, 4 orang mengalami kista, dan 3 orang yang mengalami sipilis yang diakibatkan oleh perilaku seksual berisiko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Hubungan Karakteristik WUS terhadap Perilaku Seksual berisiko di Desa Gelangang Gajah Kecamatan Kuala Batee Kabupaten Aceh Barat Daya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian analitik dengan pendekatan crossectional survey. Populasi dalam penelitian ini adalah WUS di desa Geulanggang Gajah yang berjumlah 239 orang, tekhnik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah tekhnik proportional sampling yang berjumlah 48 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan semua variabel independen (pengetahuan dan sikap) mempunyai pengaruh yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yaitu: (PValue umur (0,000) <α (0,05)), (PValue lingkungan (0,000) <α (0,05)), (PValue sikap (0,047) <α (0,05)) dan (PValue pengetahuan (0,006) <α (0,05)). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan antara umur, lingkungan, sikap dan pengetahuan terhadap perilaku seksual berisiko di Desa Geulanggang Gajah Kecamatan Kuala Batee Kabupaten Aceh Barat Daya. Kepada Wanita Usia Subur agar lebih memperhatikan pergaulan agar tidak terjerumus kepada pergaulan seksual berisiko, kepada orang tua dan pemerintah desa agar dapat lebih memperhatikan dan mengontrol pergaulan para WUS khusunya remaja serta bagi pihak puskesmas agar dapat memberikan penyuluhan tentang perilaku seksual berisiko, agar para WUS mengetahui akibat dari perilaku tersebut sehingga dapat menghindari perilau seksual berisiko tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Fajri El Caramoy
Date Deposited: 25 Sep 2017 04:08
Last Modified: 25 Sep 2017 04:08
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/749

Actions (login required)

View Item View Item