FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN DALAM PELAYANAN KESEHATAN DASAR DI PUSKESMAS TANGKEH KECAMATAN WOYLA TIMUR KABUPATEN ACEH BARAT

Agus Suwardi, NIM : 06C1010278 (2014) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN DALAM PELAYANAN KESEHATAN DASAR DI PUSKESMAS TANGKEH KECAMATAN WOYLA TIMUR KABUPATEN ACEH BARAT. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
I-V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (883kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id

Abstract

Agus Suwardi.Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan dasar di Puskesmas Tangkeh Kabupaten Aceh Barat. Dibawah Bimbingan Sufyan Anwar, MARS dan Kiswanto, M.Si. Fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah seperti Puskesmas Tangkeh bukanlah prioritas yang utama bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang optimal, masyarakat lebih memilih tempat-tempat pelayanan swasta seperti rumah sakit swasta dan tempat-tempat palayanan kesehatan lainnya, hal ini disebabbkan oleh ketidaknyamanan masyarakat dan kepuasan pasien dalam memperoleh pelayanan kesehatan.Jumlah kunjungan masyarakat ke Puskesmas Tangkeh pada tahun 2012 sebanyak 1.453 orang atau rata-rata perbulan hanya berjumlah 121 orang.Sedangkan pada bulan Januari – Agustus 2013 kunjungan masyarakat makin menurun yaitu berjumlah 873 orang atau rata-rata per bulan sebanyak 109 orang. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Kepuasan Pasien dalam Pelayanan Kesehatan Dasar di Puskesmas Tangkeh Kabupaten Aceh Barat. Jenis penelitian ini adalah survei Analitik dengan desain cross-sectional dengan populasi 109 orang dan sampel 52 orang. Hasil penelitian dari 52 pasien terdapat 17 (32,7%) yang menyatakan prosedur pelayanan yang baik dan 35 (67,3%) menyatakan tidak baik. Variabel kualitas perawatan terdapat 21 (40,4%) yang baik dan 31 (59,6%) yang tidak baik. Variabel sikap terdapat 30 (57,7%) yang baik dan 22 (42,3%) yang tidak baik. Variabel ketersediaan obat terdapat 18 (34,6%) yang menyatakan lengkap dan 34 (65,4%) yang tidak lengkap. Variabel yang berpengaruh dalam penelitian ini adalah prosedur pelayanan (nilai Pvalue 0,006 < α), kualitas perawatan (nilai Pvalue 0,006 < α), sikap (nilai Pvalue 0,009 < α) dan ketersediaan obat (nilai Pvalue 0,002 < α). Diharapkan kepada pihak Puskesmas agar terus berbenah terhadap prosedur pelayanan kepada pasien agar kedepan prosedur pelayanan kesehatan dasar di Puskesmas Tangkeh Kabupaten Aceh Barat akan baik, sesuai dengan keinginan pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Zulfikri., S.IP., ALC
Date Deposited: 13 Sep 2017 10:13
Last Modified: 13 Sep 2017 10:13
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/70

Actions (login required)

View Item View Item