ANALISIS KANDUNGAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI DAN COLIFORM DALAM ES BATU YANG DIGUNAKAN PADA ES CAMPUR DI KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT

VERA AFRIANI, Nim : 09C10104195 (2014) ANALISIS KANDUNGAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI DAN COLIFORM DALAM ES BATU YANG DIGUNAKAN PADA ES CAMPUR DI KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I_V.pdf

Download (336kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Es batu adalah massa padat hasil pembekuan air minum dengan suhu – 60oC s/d - 100oC. Proses pembentukan es batu yang baik menurut Keputusan Mentri kesehatan (KepMenKes No.907 tahun 2002) prinsipnya harus dilakukan filtrasi serta desinfeksi pada air . Es batu digunakan sebagai pelengkapan minuman yang sering digunakan setiap hari di café, warung, rumah tangga, rumah makan, dan lain sebagainya. Perhatian terhadap hygiene dan SOP Sanitasi dari pada pengolahan es batu kadang terabaikan, hal ini merupakan salah satu faktor yang menyebabkan terganggunya kesehatan masyarakat apabila mengkonsumsi es batu yang telah terkontaminasi dengan bakteri Escherichia Coli dan Coliform. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah ada kandungan bakteri Escherichia Coli dan Coliform yang terdapat dalam es batu yang digunakan pada es campur di Kecamatan Johan Pahlawan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis adanya kandungan bakteri Escherichia Coli dan Coliform didalam es batu yang digunakan pada es campur di Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh barat. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian yang bersifat experiment ialah dengan cara uji laboratorium menggunakan media MPN (Most Probable Number) untuk melihat ada tidaknya bakteri E.coli dan Coliform serta jenisnya pada es batu yang digunakan pada es campur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 7 es batu yang digunakan pada es campur telah tercemar bakteri jenis Escherichia Coli dan Coliform. Jumlah koloni pada bakteri E.coli kode sampel berturut-turut adalah 976, 84, 979, 21, 17, 17, 27, dan jumlah koloni bakteri Coliform kode sampel Es1–Es7 secara berturut-turut adalah 979, 84, 979, 12, 17, 9, 979. Sedangkan kode sampel Es 8 negatif mengandung bakteri dengan jumlah koloni bakteri 0. Bagi pihak pengelola kantin diharapkan agar selalu menjaga sanitasi dan hygiene sumber air, wadah dan peralatan untuk memproses es batu harus berdasarkan standar kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 23 Sep 2017 16:21
Last Modified: 23 Sep 2017 16:21
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/668

Actions (login required)

View Item View Item