Pengaruh Kontrasepsi Suntik Depo Medroxy Progesteron Acetat (DMPA) Terhadap Kenaikan Berat Badan Pada Akseptor KB Di UPTD Puskesmas Pante Ceureumen Kabupaten Aceh Barat.

MAEYA SARTIKA, NIM : O9C10104031 (2014) Pengaruh Kontrasepsi Suntik Depo Medroxy Progesteron Acetat (DMPA) Terhadap Kenaikan Berat Badan Pada Akseptor KB Di UPTD Puskesmas Pante Ceureumen Kabupaten Aceh Barat. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I_V.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Pemakaian KB suntik DMPA akan mempermudah metabolisme gula dan karbohidrat menjadi lemak dan DMPA juga akan merangsang pusat pengendali nafsu di hipotalamus yang menyebabkan akseptor makan lebih banyak sehingga akan mempengaruhi perubahan berat badan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kontrasepsi suntik Depo Medroxy Progesteron Acetat (DMPA) terhadap kenaikan berat badan pada akseptor KB di UPTD Puskesmas Pante Ceureumen Kabupaten Aceh Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi berjumlah 688 pengguna KB suntik DMPA, sampel penelitian sebanyak 87 akseptor dengan tekhnik pengambilan sampel secara accidental sampling, penelitian ini di lakukan mulai tanggal 10 Juni sampai dengan 04 Juli. Hasil penelitian diperoleh dari 54 akseptor KB suntik DMPA yang pasif, terdapat 12 akseptor KB (22,2%) dengan kenaikan berat badan tetap dan 42 akseptor KB (77,8%) yang mengalami kenaikan berat badan yang tinggi. Dan untuk 33 akseptor yang aktif, terdapat 16 akseptor KB (48,5%) dengan berat badan tetap dan 17 akseptor KB (51,5%) yang mengalami kenaikan berat badan. Hasil analisis statistik dengan menggunakan uji chi square pada derajat kepercayaan 95% (α=0,05) diketahui bahwa p value = 0,021 < 0,05 artinya Ho ditolak berarti ada pengaruh KB suntik DMPA terhadap penambahan berat badan. Disarankan kepada bidan untuk memberikan informasi yang lengkap tentang alat-alat kontrasepsi dan kepada akseptor diharapkan untuk memilih alat kontrasepsi yang tepat dan efektif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 23 Sep 2017 11:14
Last Modified: 23 Sep 2017 11:14
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/643

Actions (login required)

View Item View Item