Hubungan Hygine Sanitasi Dengan Kejadian Penyakit Cacingan Pada Anak Di Wilayah Kerja Puskesmas Uteun Puloe Kecamatan Seunagan Timur Kabupaten Nagan Raya Tahun 2013

LITA MARLINDA, NIM : 09C10104149 (2014) Hubungan Hygine Sanitasi Dengan Kejadian Penyakit Cacingan Pada Anak Di Wilayah Kerja Puskesmas Uteun Puloe Kecamatan Seunagan Timur Kabupaten Nagan Raya Tahun 2013. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I_V.pdf

Download (324kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Kesehatan lingkungan pada hakikatnya merupakan suatu kondisi lingkungan yang optimum sehingga berpengaruh positif terhadap terwujudnya status kesehatan. Penyakit infeksi kecacingan sangat berkaitan dengan masalah hygine dan sanitasi. Di Indonesia, setiap tahun lebih dari 3.500.000 anak-anak di bawah umur 3 tahun diserang oleh berbagai jenis penyakit cacingan dengan jumlah kematian sekitar 105.000 orang. Berdasarkan pengambilan data awal di Wilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Seunagan Timur, jumlah anak yang berkunjung ke puskesmas sebanyak 191 anak dengan jumlah kasus cacingan positif pada anak sebanyak 47 kasus. Penelitian bertujuan untuk melihat bagaimana hubungan Hygine Sanitasi dengan kejadian penyakit cacingan pada Anak. penelitian yang di lakukan bersifat deskriptif analitik dengan desain penelitian cross secctional. Fokus penelitian ini yaitu pada Ketersediaan Air Bersih, Ketersediaan Jamban, Kebiasaan Mencuci Tangan dan Kebiasaan Memakai Alas Kaki terhadap kejadian cacingan pada anak. Sampel pada penelitian ini adalah anak yang berkunjung ke puskesmas sebanyak 66 anak merupakan bagian dari populasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Systematic Random Sampling. tehnik data bivariat dan univariat. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa, tidak terdapat hubungan antara ketersediaan air bersih dengan kejadian cacingan pada anak dengan nilai p value = 0.811, α =0,05. Terdapat hubungan antara ketersediaan jamban dengan kejadian cacingan pada anak dengan nilai p value = 0.034, α = 0,05. Ada hubungan antara kebiasaan mencuci tangan dengan kejadian cacingan pada anak dengan nilai p value = 0.024, α = 0,05, dan tidak terdapat hubungan antara kebiasaan memakai alas kaki dengan kejadian cacingan pada anak dengan nilai p value = 0,485, α = 0,05. Diharapkan kepada petugas Puskesmas Uteun Puloe untuk lebih fokus pada pencegahan cacingan pada anak seperti meningkatkan penyuluhan tentang mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan memakai alas kaki pada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 23 Sep 2017 11:09
Last Modified: 23 Sep 2017 11:09
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/642

Actions (login required)

View Item View Item