ANALISIS KADAR ASAM LEMAK BEBAS (ALB) PADA MINYAK YANG DIGUNAKAN OLEH PEDAGANG GORENGAN DISEPUTARAN JALANMANEK ROO KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT

ELIS IRMAWATI, NIM : 09C10104108 (2014) ANALISIS KADAR ASAM LEMAK BEBAS (ALB) PADA MINYAK YANG DIGUNAKAN OLEH PEDAGANG GORENGAN DISEPUTARAN JALANMANEK ROO KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I_V.pdf

Download (662kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Minyak goreng adalah minyak yang berasal dari lemak tumbuhan atau hewan yang dimurnikan dan berbentuk cair dalam suhu kamar dan biasanya digunakan untuk menggoreng bahan makanan. Minyak goreng berfungsi sebagai pengantar panas, penambah rasa gurih, dan penambah nilai kalori bahan pangan. Minyak goreng juga merupakan sumber energi yang lebih efektif dibandingkan karbohidrat dan protein. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tinggi rendahnya kadar asam lemak bebas yang terdapat pada minyak goreng yang pemakaiannya berulang kali pada pedagang gorengan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian bersifat Experiment ialah dengan cara uji laboratorium dengan uji Tritasi (uji lemak) untuk melihat kadar asam lemak bebas pada minyak gorengan.dilakukan pada tanggal 15 Mai 20013. Metode pengambilan sampel adalah Total Sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 7 sampel positif mengandung asam lemak bebas yang sangat tinggi. Diantaranya M-1 0,75, M-2 0,62, M-3 0,93, M-4 0,36, M-5 0,81, M-6 0,60, M-7 0,61 dari ketujuh sampel tidak ada yang memenuhi SNI yang telah ditetapkan yang berkisar hanya 0,3%. Bagi pihak pengelola atau pedagang diharapkan agar lebih perduli terhadap penggunaan minyak yang dipakai untuk penggorengan. Cukup sampai 2 kali penggorengan saja, agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh lemak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 23 Sep 2017 10:38
Last Modified: 23 Sep 2017 10:38
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/632

Actions (login required)

View Item View Item