Pengaruh Faktor Perilaku Terhadap Penerapan Kawasan Tanpa Asap Rokok Pada Mahasiswa Di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar Meulaboh Tahun 2014

DERI YUSRIZAL, NIM : 09C10104075 (2014) Pengaruh Faktor Perilaku Terhadap Penerapan Kawasan Tanpa Asap Rokok Pada Mahasiswa Di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar Meulaboh Tahun 2014. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I_V.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Fakultas kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar Meulaboh telah berkomitmen untuk menerapkan kawasan tanpa asap rokok di lingkungan kampus tersebut, ini terbukti dengan telah diwacanakan oleh akademik dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar Meulaboh tentang kawasan tanpa asap rokok. Namun sampai saat ini, masih banyak ditemui para perokok aktif dikalangan mahasiswa yang mengisap rokok di sembarangan tempat, terutama di kawasan tanpa asap rokok di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar Meulaboh. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh faktor perilaku terhadap penerapan kawasan tanpa asap rokok pada mahasiswa di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar Meulaboh Tahun 2014. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar Meulaboh yang berjumlah 607 orang, tehnik penarikan sampel dilakukan dengan cara stratified random sampling yang berjumlah 85 sampel. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Survey yang bersifat Survey Analitik dengan pendekatan cross sectional survey. Pengumpulan data dengan kuisioner dan dianalisa dengan menggunakan uji Chi-Square. Penelitian mulai dilakukan pada tanggal 11 sampai 22 Agustus 2014. Hasil analisa univariat diperoleh dalam penerapan kawasan tanpa asap rokok yang baik (42,4%) responden, berdasarkan pengetahuan (44,7 %) responden, berdasarkan sikap (37,6 %) responden, berdasarkan sarana dan prasarana (47,1%) responden dan berdasarkan dukungan (45,9%) responden. Berdasarkan hasil analisa bivariat dapat disimpulkan bahwa P value > α (0,05) menunjukkan pengetahuan tidak ada pengaruh terhadap penerapan kawasan tanpa asap rokok sedangkan sikap, sarana dan prasarana dan dukungan ada pengaruh terhadap penerapan kawasan tanpa asap rokok dengan P value < α (0,05). Untuk Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar agar lebih mengawasi dan memperketat aturan tentang larangan merokok di kawasan tanpa asap rokok. Untuk mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar Meulaboh agar lebih meningkatkan perilaku tidak merokok di kawasan tanpa asap rokok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 23 Sep 2017 10:32
Last Modified: 23 Sep 2017 10:32
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/629

Actions (login required)

View Item View Item