Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Masyarakat Tentang Penyakit Filariasis Di Desa Kuala Ligan Kecamatan Sampoiniet Kabupaten Aceh Jaya Tahun 2014

ASMIDIL, NIM : 09C10104158 (2014) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Masyarakat Tentang Penyakit Filariasis Di Desa Kuala Ligan Kecamatan Sampoiniet Kabupaten Aceh Jaya Tahun 2014. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I_V.pdf

Download (695kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Filariasis adalah penyakit menular (Penyakit Kaki Gajah) yang disebabkan oleh cacing Filaria yang ditularkan oleh berbagai jenis nyamuk. Penyakit ini bersifat menahun (kronis) dan bila tidak mendapatkan pengobatan dapat menimbulkan cacat menetap berupa pembesaran kaki, lengan dan alat kelamin baik perempuan maupun laki-laki. Akibatnya penderita tidak dapat bekerja secara optimal bahkan hidupnya tergantung kepada orang lain sehingga menjadi beban keluarga, masyarakat dan negara. Penelitian ini bersifat analitik, dengan populasi sebanyak 419 orang. Sampel yang ambil adalah 80 orang dari populasi dengan penggunaan teknik simpel random sampling. Lokasi penelitian ini di lakukan di Desa Kuala Ligan Kecamatan Sampoiniet Kabupaten Aceh Jaya. Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 27 Mei sampai 07 Juni 2014. Analisis data dengan menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian membuktikan bahwa responden yang menderita penyakit filariasis adalah responden dengan pengetahuan kurang baik sebesar 45 (56,2%), yang memiliki sikap negatif sebesar 39 (48,8%), dan yang bertindakan kurang baik sebesar 53 (66,2%) . Kesimpulan bahwa dari 80 orang responden yang tinggal di Desa Kuala Ligan Kecamatan Sampoiniet ditemukan 30 orang positif menderita penyakit filariasis dan 50 orang negatif terhadap penyakit filariasis. Dari hasil penelitian di dapat bahwa pengetahuan ada hubungan dengan kejadian penyakit filariasis dengan p value 0,031 < α = 0,05, sikap ada hubungan dengan kejadian penyakit filariasis dengan p value 0,024 < α = 0,05, dan tindakan ada hubungan dengan kejadian penyakit filariasis dengan p value 0,033 < α = 0,05. Masyarakat Desa Kuala Ligan memerlukan upaya penyuluhan untuk menghindari terjadinya penyakit filariasis serta pentingnya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 23 Sep 2017 10:14
Last Modified: 23 Sep 2017 10:14
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/625

Actions (login required)

View Item View Item