ANALISIS PERUBAHAN BUDAYA KOMUNIKASI MASYARAKAT GAMPONG PANTON KABUPATEN ACEH JAYA, (STUDI KASUS PERUBAHAN BAHASA SEBELUM DAN SESUDAH TSUNAMI)

KUSNIDAR, NIM : 09C2022006 (2013) ANALISIS PERUBAHAN BUDAYA KOMUNIKASI MASYARAKAT GAMPONG PANTON KABUPATEN ACEH JAYA, (STUDI KASUS PERUBAHAN BAHASA SEBELUM DAN SESUDAH TSUNAMI). Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I_V.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang “Analisis Perubahan Budaya komunikasi Masyarakat Gampong Panton Kabupaten Aceh Jaya” (Studi Kasus Perubahan Bahasa Sebelum dan Sesudah Tsunami). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif secara deskriptif, adapun sumber data ada dua yaitu data sekunder dan data primer, data sekunder merupakan data yang berupa bukti, catatan atau laporan, dan data primer adalah data yang di peroleh dan berkaitan langsung dengan permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data dengan cara observasi (pengamatan), wawancara, dokumentasi. Dalam penelitian ini ada tiga permasalahan yang di kaji yaitu, budaya komunikasi masyarakat gampong panton sebelum dan sesudah tsunami, bentuk dan jenis budaya komunikasi yang berubah dan faktor yang menyebabkan perubahan budaya komunikasi masyarakat gampong panton. Dari hasil penelitian di lapangan diketahui bahwa, sebelum tsunami masyarakat gampong panton masih bahasa kental Aceh, tidak ada yang menggunakan bahasa nasional, penampilan masih ke Acehan (islami), begitu juga dengan adat istiadat, pergaulan dan lain- lain, sesudah tsunami bahasa transformasi dari Aceh ke bahasa nasional, kalaupun belum semua masyarakat gampong panton yang menggunakan bahasa nasional. Begitu juga dengan penampilan, adat istiadat, pergaulan dan lain- lain sebagainya. Bentuk dan jenis budaya komunikasi yang berubah adalah seperti hp, internet, penampilan, bahasa, adat istiadat, pergaulan dan lain- lain sebagainya, faktor yang menyebabkan perubahan budaya komunikasi masyarakat gampong panton yaitu dengan datangnya lembaga PMI (Palang Merah Indonesia), WALHI (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia), IOM (International Organization for Migration), IPRD (Institute of Process Research Development), dan ADRA (Adventist Delelopment and Relief Agency)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 22 Sep 2017 15:42
Last Modified: 22 Sep 2017 15:42
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/614

Actions (login required)

View Item View Item