ANALISIS PERCEPATAN WAKTU DAN OPTIMALISASI BIAYA MENGGUNAKAN CRITICAL PATH METHOD (CPM) DENGAN PENAMBAHAN JAM KERJA (Studi Kasus Pembangunan RKB (Bertingkat Lantai II) SMA Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh)

ASMAWARNI, NIM : 08C10203003 (2013) ANALISIS PERCEPATAN WAKTU DAN OPTIMALISASI BIAYA MENGGUNAKAN CRITICAL PATH METHOD (CPM) DENGAN PENAMBAHAN JAM KERJA (Studi Kasus Pembangunan RKB (Bertingkat Lantai II) SMA Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh). Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I_V.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Dalam pelaksanaan proyek konstruksi sering terjadi ketidaksesuaian antara jadwal rencana dan realisasi di lapangan, sehingga menyebabkan keterlambatan. Banyak faktor yang menyebabkan keterlambatan, salah satu cara untuk mengantisipasinya dengan melakukan percepatan. Dalam melakukan percepatan, faktor biaya dan mutu harus diperhatikan, sehingga diperoleh biaya optimum dan mutu sesuai standar yang disyaratkan. Proyek Pembangunan RKB (Bertingkat Lantai II) SMA Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh yang dijadikan studi penelitian untuk pelaksanaan selanjutnya. Alternatif percepatan yang digunakan yaitu penambahan jam kerja, dari tiga jam sampai dengan empat jam tanpa adanya penambahan tenaga kerja. Perhitungan dimulai dengan mencari lintasan kritis menggunakan Metode Critical Path Method (CPM) kemudian dilakukan perhitungan cost slope kegiatan yang berada pada lintasan kritis, selanjutnya dilakukan analisis dengan metode Time Cost Trade Off Analysis. Kemudian dibuat grafik hubungan biaya dan waktu optimum untuk masing-masing penambahan jam kerja. Dari hasil anlisis didapat Biaya dan waktu optimum, yang direncanakan berlangsung antara 3-4 jam terhadap biaya dan waktu optimum. Di antara ke empat penambahan jam kerja yang dapat dilihat pada Tabel 4.12 dan Grafik 4.1, biaya yang paling optimum didapat pada pekerjaan C, D, F, K dengan penambahan 3-4 jam kerja dengan pengurangan biaya sebesar Rp 7.900.000 dari biaya total normal sebesar Rp.1.382.603.310 menjadi sebesar Rp 1.374.703.310 dengan pengurangan waktu selama 20 hari dari waktu normal 120 hari menjadi 100 hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 22 Sep 2017 14:11
Last Modified: 22 Sep 2017 14:11
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/587

Actions (login required)

View Item View Item