FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PESERTA ASKES SOSIAL DI RUANG RAWAT INAP KELAS UTAMA DAN VIP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH CUT NYAK DHIEN MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT

YUYUN SYAHPUTRA, NIM : 06C10104243 (2013) FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PESERTA ASKES SOSIAL DI RUANG RAWAT INAP KELAS UTAMA DAN VIP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH CUT NYAK DHIEN MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I-V.pdf

Download (769kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Masih terdapat pelayanan yang tidak baik sehingga terjadinya komplin pasien terhadap pelayanan yang diberikan, seperti kunjungan dokter yang tidap tepat waktu, sikap petugas yang kurang baik, penyediaan obat yang masih tidak lengkap maupun prosedur pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di ruang kelas utama dan ruang Vip peserta Askes sosial di Rumah Sakit Umum Daerah Cut Nyak Dhien Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun 2013. Penelitian ini bersifat Analitik dengan desain crosssectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 112 dan sampel berjumlah 51 orang Peserta Askes Sosial Di Ruang Rawat Inap Kelas Utama Dan Vip Rumah Sakit Umum Daerah Cut Nyak Dhien Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Hasil penelitian dari 53 responden terdapat 20 (37,3%) yang menyatakan prosedur pelayanan yang tidak baik dan 33 (64,7%) yang menyatakan prosedur pelayanan yang baik dan P Value 0,046. Variabel kunjungan Dokter terdapat 9 (16,95%) yang menyatakan tidak baik dan 44 (86,3%) yang menyatakan baik terhadap kunjungan dokter dan nilai P Value 0,687. Variabel sikap perawat terdapat 36 (67,9%) yang mentakan sikap perawat tidak baik dan 17 (33,3%) yang mentakan sikap perawat baik P Value 0,002. Dari ketersediaan obat terdapat10 (18,8%) yang menyatakan tidak lengkap dan 43 (84,3%) yang menyatakan lengkap terhadap ketersediaan obat dan nilai P Value 0,490. Untuk variabel yang berpengaruh dalam penelitian ini adalah Prosedur pelayanan (nilai P Value 0,046) dan variabel Sikap Petugas ( nilai P Value 0,002), sedangkan variabel kunjungan Dokter ( nilai P Value 0,687) dan Ketersediaan Obat ( nilai P Value 0,490) tidak berhubungan terhadap Kepuasan Pasien Peserta Askes Sosial Di Ruang Rawat Inap Kelas Utama Dan Vip Rumah Sakit Umum Daerah Cut Nyak Dhien Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun 2013. Disarankan kepada pihak Rumah Sakit Cut Nyak Dhien Meulaboh agar dapat terus meningkatkan Prosedur Pelayanan dalam memberikan Pelayanan kepada Pasien Pemegang Kartu Askes Sosial dan juga dapat terus memperbaiki sikap petugas dalam memberikan pelayanan kepada pasien dengan memperbanyak pelatihan-pelatihan maupun melakukukan pendidikan non formal agar kedepan derajat kesehatan masyarakat terus terpenuhi dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Kepuasan, Pasien, Askes Sosial
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 13 Sep 2017 08:00
Last Modified: 13 Sep 2017 08:00
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/56

Actions (login required)

View Item View Item