DAMPAK PERUBAHAN HARGA BERAS TERHADAP KONSUMSI BERAS PADA MASYARAKAT DI DUSUN III DESA SUAK RIBEE KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT

MARZUKI, NIM : 08C10404058 (2013) DAMPAK PERUBAHAN HARGA BERAS TERHADAP KONSUMSI BERAS PADA MASYARAKAT DI DUSUN III DESA SUAK RIBEE KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I_V.pdf

Download (521kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Perubahan harga terhadap bahan makanan pokok dapat mempengaruhi konsumsi masyarakat, hal ini juga termasuk pada perubahan harga beras. Kenaikan harga beras secara tidak langsung akan mempengaruhi konsumsi masyarakat, dimana dengan adanya kenaikan harga beras maka bahan pokok lainnya juga ikut naik. Telah dilakukan penelitian di Dusun III Desa Suak Ribee sejak April 2013 hingga Mei 2013, untuk mengetahui bagaimana dampak perubagan harga beras terhadap konsumsi beras pada masyarakat Dusun III Desa Suak Ribee. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 31 KK, atau10 persen dari 155 KK yang ada. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara Riset Pustaka dan Riset Lapangan. Untuk mengetahui dampak perubahan harga beras terhadap konsumsi beras pada masyarakat digunakan model analisis data uji t. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah hipotesa dalam penelitian ini terjawab (terbukti) yaitu : Dampak perubahan harga beras tidak berpengaruh nyata terhadap Konsumsi beras pada masyarakat Di Dusun III Desa Suak Ribee Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Hasil uji t pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kenaikan harga beras tidak mempengaruhi konsumsi masyarakat Dusun III Desa Suak Ribee. Hal ini dapat kita lihat pada uji t didapatkan hasil tcari = 5,03, sedangkan ttabel = 2,045 ini berarti bahwa tcari ≥ ttabel (α = 0,05), maka H0 di tolak dan Ha diterima, artinya bahwa kenaikan harga beras tidak berpengaruh nyata terhadap konsumsi beras pada masyarakat dikarenakan masyarakat Dusun III Desa Suak Ribee hanya mengambil inisiatif untuk mengkonsumsi merk beras lain yang harganya terjangkau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 22 Sep 2017 10:21
Last Modified: 22 Sep 2017 10:21
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/552

Actions (login required)

View Item View Item