Analisis Tataniaga Pemasaran Beras di Gampong Simpang Gadeng Kecamatan Babahrot Kabupaten Aceh Barat Daya. Di bawah bimbingan Diswandi Nurba dan Dara angreka Soufyan.

M.NASIR, NIM : 08C10404027 (2013) Analisis Tataniaga Pemasaran Beras di Gampong Simpang Gadeng Kecamatan Babahrot Kabupaten Aceh Barat Daya. Di bawah bimbingan Diswandi Nurba dan Dara angreka Soufyan. Diploma thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I_V.pdf

Download (484kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Beras adalah produk dari proses pengolahan gabah yang merupakan hasil utama tanaman padi (Oriza Sativa L) merupakan komoditas tanaman yang sangat di butuhkan oleh masyarakat di Kecamatan Babahrot Kabupaten Aceh Barat Daya. sehingga cukup sesuai untuk dikembangkan. Dalam mekanisme tataniaga pemasaran beras pihak-pihak yang terlibat adalah petani, pedagang pengumpul, pedagang besar, pedagang pengecer dan konsumen yang masing-masing pihak berusaha untuk mendapatkan hasil yang optimal. Penentuan daerah penelitian dilakukan dengan sengaja karena di lokasi tersebut banyak sekali petani melakukan usaha tani tanaman padi sawah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua pola saluran tataniaga pemasaran beras, yaitu: (I) petani → pedagang pengumpul → pedagang besar → pedagang pengecer → konsumen, (II) petani → pedagang pengumpul → pedagang pengecer → konsumen. Berdasarkan perhitungan margin pemasaran untuk komoditas padi sawah, kedua saluran pemasaran yang ada di Gampong Simpang Gadeng Kecamatan Babahrot Kabupaten Aceh Barat Daya sudah dikategori dalam saluran tataniaga yang efesien. Pada saluran tataniaga I bagian harga (share) yang diterima petani sebesar 49,73 persen. Sedagkan pada saluran II share yang di terima petani adalah sebesar 36,83 persen. Margin tataniaga dan keuntungan yang diperoleh masing-masing lembaga tataniaga cukup imbang sesuai dengan modal yang dikeluarkan dan risiko yang akan ditanggungnya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 22 Sep 2017 10:15
Last Modified: 22 Sep 2017 10:15
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/550

Actions (login required)

View Item View Item