HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN TINDAKAN IBU DENGAN STATUS GIZI BALITA DI PUSKESMAS PEUREUMEU KECAMATAN KAWAY XVI KABUPATEN ACEH BARAT

RUHAMAH, NIM : 06C1010229 (2013) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN TINDAKAN IBU DENGAN STATUS GIZI BALITA DI PUSKESMAS PEUREUMEU KECAMATAN KAWAY XVI KABUPATEN ACEH BARAT. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I-V.pdf

Download (250kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Memiliki anak yang sehat dan cerdas merupakan dambaan dan kebanggaan setiap orang tua. Untuk mewujudkannya tentu saja sebagai orang tua khususnya ibu harus selalu memperhatikan, mengawasi dan merawatnya dengan seksama. Terutama dalam memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan nya karena salah satu fungsi dari keluarga. Penelitian ini bersifat analitik yaitu bertujuan menganilisa antara variabel yang akan diteliti, berdasarkan metode yang di pakai termasuk penelitian survey karena penelitian ini dilakukan pengamatan atau pengumpulan data lansung berdasarkan waktunya. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple Accidental sampling. Yaitu sampel yang diambil secara kebetulan bertemu, selama 1 minggu berturut, berjumlah 57 orang Ibu-ibu yang memiliki balita. Hasil penelitian pada tabel silang diatas menunujukkan dari 57 responden diketahui responden berpengetahuan baik yang status gizi baik sebanyak 11 orang (19,3), sedangkan responden yang berpengetahuan kurang yang status gizi kurang sebanyak 4 orang (7%). Dengan nilai = 0,374. Artinya bahwa tidak ada hubungan antara pengetahuan dengan status gizi balita. Sedangkan untuk tindakan menunujukkan dari 57 responden diketahui responden bertindakan baik yang status gizi baik sebanyak 7 orang (12,3), sedangkan responden yang bertindakan cukup yang status gizi kurang sebanyak 22 orang (38,6%). Dengan nilai = 0,027. Artinya bahwa ada hubungan antara tindakan terhadap status gizi. Disarankan kepada kepala Puskesmas maupun Staf bidang gizi, baik perawat dan tim kesehatan untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat dan ibu yang memiliki balita tentang pentingnya memperhatikan gizi balita, baik dari segi pemberian makanan yang bergizi dan sehat maupun dalam tindakan ibu terhadap pemeliharaan status gizi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Status Balita, Pengetahuan dan Tindakan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 13 Sep 2017 08:08
Last Modified: 13 Sep 2017 08:08
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/53

Actions (login required)

View Item View Item