HUBUNGAN PENYUSUNAN TUGAS AKHIR DENGAN KEJADIAN STRES PADA MAHASISWA FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS TEUKU UMAR MEULABOH ACEH BARAT

ZUHRI MAIRIDA, NIM : 09C10104192 (2014) HUBUNGAN PENYUSUNAN TUGAS AKHIR DENGAN KEJADIAN STRES PADA MAHASISWA FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS TEUKU UMAR MEULABOH ACEH BARAT. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
I-V.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

ABSTRAK ZUHRI MAIRIDA. Hubungan Penyusunan Tugas Akhir Dengan Kejadian Stres Pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar Meulaboh Aceh Barat. Dibawah bimbingan Kiswanto, M.Si dan Jun Musnadi Is, SKM, M. Kes. Stres merupakan suatu tanggapan penyesuaian diperantaian oleh perbedaanperbedaan individual dan proses-proses Psikologi, akibat dari setiap tindakan lingkungan, situasi, atau peristiwa yang menempatkan tuntutan psikologi dan fisik berlebihan kepada seseorang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif korelasi yaitu dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara, pengetahuan, sikap dan tindakan dengan kejadian stres Pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat di Universitas Teuku Umar Meulaboh Aceh Barat. Populasi penelitian berjumlah 233 orang dengan jumlah sampel 47 orang yang diambil dengan teknik random sampling. Uji statistik menggunakan Chi-square test pada taraf signifikan 95% dengan aplikasi komputer. Hasil penelitian diperoleh ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan kejadian stres dimana nilai p value = 0,023 yang berarti lebih kecil dari α (0,05), ada hubungan yang signifikan antara sikap dengan kejadian stres dimana nilai p value = 0,035 yang berarti lebih kecil dari α (0,05) dan ada hubungan yang signifikan antara tindakan dengan kejadian stres dimana p value = 0,21 yang berarti lebih kecil dari α (0,05). Di harapkan pada seluruh mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir kuliah agar jangan menganggap tugas akhir kuliah ini sebagai beban, guna untuk menghindari terjadinya stres yang akhirnya dapat menghambat penyusunan tugas akhir kuliah. Sebagai bahan masukan Bagi Akademik Fakultas Kesehatan Masyarakat, agar bisa bekerjasama dengan mahasiswa guna meringankan beban dalam penyusunan tugas akhir sehingga dapat terhindar dari stres.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Depositing User: Teuku Fajri El Caramoy
Date Deposited: 22 Sep 2017 09:40
Last Modified: 22 Sep 2017 09:40
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/516

Actions (login required)

View Item View Item