FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN CAKUPAN PENCAPAIAN DESA UCI (UNIVERSAL CHILD IMMUNIZATION) DI UPTD PUSKESMAS KUTA PADANG LAYUNG KECAMATAN BUBON KABUPATEN ACEH BARAT

ROSI WAHYUNI, NIM : 09C10104114 (2014) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN CAKUPAN PENCAPAIAN DESA UCI (UNIVERSAL CHILD IMMUNIZATION) DI UPTD PUSKESMAS KUTA PADANG LAYUNG KECAMATAN BUBON KABUPATEN ACEH BARAT. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI I-V.pdf

Download (542kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Rosi Wahyuni Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Cakupan Pencapaian Desa UCI (Universal Child Immunization) di UPTD Puskesmas Kuta Padang Layung Kecamatan Bubon Kabupaten Aceh Barat Tahun 2014. Dibawah bimbingan Marniati, SKM, M.Kes dan Itza Mulyani, SKM. Desa UCI adalah desa dengan cakupan imunisasi dasar lengkap bayi sebelum berumur 1 tahun secara merata di seluruh desa/kelurahan. Imunisasi lengkap yaitu BCG (bacillus calmette-Guerin) , DPT, polio, campak dan hepatitis B yang diberikan sebelum anak 11 tahun. Seluruh desa atau kelurahan pada tahun 2014 harus mencapai 100% UCI, namun target ini belum tercapai secara signifikan. Pencapaian desa UCI di kecamatan Bubon ini menduduki perinkat ke 4 terendah dari 13 puskesmas yang ada di kabupaten Aceh Barat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu, sarana kesehatan, dan dukungan tenaga kesehatan dengan cakupan pencapaian Desa UCI di UPTD Puskesmas Kuta Padang Layung Kecamatan Bubon Kabupaten Aceh Barat Tahun 2014. Sampel berjumlah 60 ibu balita dari populasi berjumlah 147 ibu balita, pengumpulan data dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner dianalisa menggunakan uji Chi-Square. Penelitian ini bersifat analitik dengan desain cross-sectional. Penelitian mulai dilakukan pada tanggal 22 s.d 27 April 2014. Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan ibu dengan cakupan pencapaian desa UCI (Pvalue 0,010 < α 0,05), sarana kesehatan didapat bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara sarana kesehatan dengan cakupan pencapaian desa UCI (Pvalue 0,190.> α 0,05), dan dukungan tenaga kesehatan terdapat ada hubungan antara cakupan pencapaian desa UCI dengan nilai (Pvalue 0,010 < α 0,05). Di harapkan bagi ibu balita lebih menyadari pentingnya cakupan pencapaian desa UCI dan aplikasinya, dan bagi petugas kesehatan agar dapat memberikan informasi tentang desa UCI sehingga masyarakat lebih memahami pentingnya cakupan pencapaian desa UCI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Fajri El Caramoy
Date Deposited: 22 Sep 2017 09:40
Last Modified: 22 Sep 2017 09:40
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/515

Actions (login required)

View Item View Item