Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ibu Menyusui Terhadap Pemberian ASI Eksklusif Di Desa Dayah Baro Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya

RATNA NINGSIH, NIM : 06C10104015 (2013) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ibu Menyusui Terhadap Pemberian ASI Eksklusif Di Desa Dayah Baro Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I-V.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan bayi ciptaan Tuhan sehingga tidak dapat digantikan dengan makanan dan minuman yang lain. Pemberian ASI Eksklusif merupakan makanan terbaik bagi bayi sampai umur 6 bulan. Tanpa ASI dampak negatif bagi bayi sangat besar. Namun masih tingginya angka kesakitan bayi 0-6 bulan dan dan rendahnya cakupan ASI Eksklusif menunjukkan Aplikasi pemberian ASI Eksklusif masih sangat kurang. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor pengetahuan, pendidikan, sikap dan pekerjaan mempengaruhi ibu menyusui terhadap pemberian ASI Eksklusif di Desa Dayah Baro Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya. Jenis Penelitian ini bersifat analitik dengan pendekatan Analitik Survey Research. Penelitian ini dilakukan di Desa Dayah Baro Kecamatan Krueng Sabee pada Bulan Januari 2013. Jenis pengambilan sampel dalam penelitian ini ialah Non Probability Sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini ialah 46 jiwa. Hasil penelitian dengan pengujian Chi-Square diketahui bahwa ada pengaruh pengetahuan, pendidikan, sikap dan pekerjaan responden dengan pemberian ASI Eksklusif. Hal ini ditunjukkan dengan masing-masing nilai p value untuk pengetahuan 0.000, nilai p value untuk pendidikan 0.000, nilai p value untuk sikap 0.003 dan nilai p value untuk pekerjaan 0.000 lebih kecil dari nilai α yaitu 0,05. ASI Eksklusif memainkan peran penting dalam memberantas penyakit gizi buruk dan kurang, oleh sebab itu harus digiatkan sedini mungkin terutama dengan mengajak serta orang-orang yang memiliki kecenderungan tidak memberikan ASI secara Eksklusif dengan cara memberikan informasi dan contoh serta alasan yang baik mengapa pemberian ASI Eksklusif perlu dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Faktor-faktor, Ibu Menyusui, Pemberian ASI Eksklusif
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 13 Sep 2017 07:47
Last Modified: 13 Sep 2017 07:47
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/51

Actions (login required)

View Item View Item