GAMBARAN PENCAPAIAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL DI UNIT GAWAT DARURAT RSUD CUT NYAK DHIEN MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT

YUSRI RAMADHANI, NIM : 08C10104148 (2013) GAMBARAN PENCAPAIAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL DI UNIT GAWAT DARURAT RSUD CUT NYAK DHIEN MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I_V.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Standar pelayanan Minimal yang selanjutnya disingkat SPM adalah ketentuan tentang jenis dan mutu pelayanan dasar yang merupakan urusan wajib daerah yang berhak diperoleh setiap warga negara secara minimal. Indikator SPM adalah tolak ukur untuk prestasi kuantitatif dan kualitatif yang digunakan untuk menggambarkan besaran sasaran yang hendak dipenuh didalam pencapaian suatu SPM tertentu berupa masukan, proses, hasil dan atau manfaat pelayanan. Jenisjenis pelayanan rumah sakit yang minimal wajib disediakan oleh rumah sakit salah satunya adalah pelayanan di Unit Gawat Darurat (UGD) yang memiliki peran sebagi gerbang utama jalan masuknya penderita gawat darurat. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran pencapaian Standar Pelayanan Minimal di Unit Gawat Darurat RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 tenaga kesehatan dan 83 pasien di unit Gawat Darurat RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan metode Accidental sampling. Hasil penelitian diketahui bahwa dari total 40 tenaga kesehatan, yang bersertifikat hanya 17,5% sedangkan yang tidak ada mencapai 82,5%, dari 83 pasien, pasien yang mendapat pelayanan dari Dokter dengan waktu tanggapnya cepat terhadap pasien sebanyak 60,2% sedangkan yang lambat 39,8%, dan dar i 83 pasien, pasien yang puas sebanyak 48,2% sedangkan yang tidak puas sebanyak 51,8%. Kepada Kepala RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh agar dapat memberikan pelatihan kepada tenaga kesehatan yang belum bersertifikat pelatihan, dan kepada tenaga kesehatan baik dokter dan perawat di Unit Gawat Darurat agar dapat lebih meningkatkan lagi kinerjanya dalam memberikan pelayanan kepada pasien, agar dapat memberikan rasa kepuasan pasien dalam mendapatkan dan setelah mendapatkan pelayanan kesehatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 21 Sep 2017 13:00
Last Modified: 21 Sep 2017 13:00
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/488

Actions (login required)

View Item View Item