STRATEGI DINAS KOPERASI UKM PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DALAM PENATAAN PASAR TRADISIONAL DI PASAR RAKYAT KOTA MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT

CUT NURHAYATI, NIM : 09C20201074 (2016) STRATEGI DINAS KOPERASI UKM PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DALAM PENATAAN PASAR TRADISIONAL DI PASAR RAKYAT KOTA MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
I-V.pdf

Download (393kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan kendala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengan (UKM), Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Aceh Barat dalam menata pasar tradisional di pasar rakyat Meulaboh Kabupaten Aceh Barat.Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yang dilaksanakan di Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengan (UKM), Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Aceh Barat dan pasar rakyat Meulaboh. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu informan yang memahami seluk beluk permasalahan penelitian baik melalui wawancara maupun dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah strategi yang digunakan oleh kendala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Aceh Barat dalam menata pasar yaitu melalui pemeliharaan pasar, peningkatan kebersihan pasar, peningkatan penertiban dan keamanan pasar serta strategi Peningkatan Fasilitas Pasar dan Pembinan Pedagang. Hambatan yang di hadapi oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengan (UKM), Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Aceh Barat dalam menata pasar yaitu kurangnya komunikasi, kurangnya partisipasi pedagang dan masalah keuangan. Simpulan dari penelitian ini yaitu Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Aceh Barat dalam menata pasar rakyat di Kota Meulaboh Kabupaten Aceh Barat sudah dilaksanakan strateginya semaksimal mungkin meskipun terdapat kendala-kendala tetentu yang telah dipaparkan di hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik > Ilmu Sosiologi
Depositing User: Teuku Fajri El Caramoy
Date Deposited: 21 Sep 2017 12:12
Last Modified: 21 Sep 2017 12:12
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/475

Actions (login required)

View Item View Item