HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENAGA KESEHATAN DAN PENATALAKSANAAN MTBS (MANAJEMEN TERPADU BALITA SAKIT) DENGAN TINGKAT KEPUASAN ATAU KESEMBUHAN BALITA DI PUSKESMAS TEUNOM KECAMATAN TEUNOM ACEH JAYA

RATNA DEWI, NIM : 08C10104176 (2013) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENAGA KESEHATAN DAN PENATALAKSANAAN MTBS (MANAJEMEN TERPADU BALITA SAKIT) DENGAN TINGKAT KEPUASAN ATAU KESEMBUHAN BALITA DI PUSKESMAS TEUNOM KECAMATAN TEUNOM ACEH JAYA. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I_V.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Setiap tahun lebih dari 12 juta anak di negara berkembang meninggal sebelum ulang tahunnya yang kelima. Berdasarkan Hasil Survey Demografi Kesehatan Indonesia 2007, Angka Kematian Balita (Akaba), yaitu 44 balita per 1000 kelahiran hidup dan angka kematian anak 1 – 5 tahun, yaitu 10 per 1000 kelahiran hidup. Kematian tersebut 70% disebabkan oleh pneumonia, diare, malaria, campak, malnutrisi dan seringkali merupakan kombinasi dari/keadaan tersebut diatas. Tujuan Penelitian untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan tenaga kesehatan dan penatalaksanaan MTBS dengan tingkat kepuasan atau kesembuhan balita di Puskesmas Teunom Kecamatan Teunom Aceh Jaya. Jenis penelitian ini adalah bersifat Survey Analitik dengan desain Cross Sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah 47 tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan kepada balita di ruangan MTBS Puskesmas Teunom Kecamatan Teunom Aceh Jaya yang diteliti secara bersamaan dengan metode Totall sampling. Hasil penelitian diketahui bahwa dari 30 responden yang pengetahuan tenaga kesehatan yang Kepuasan atau kesembuhan balitanya baik sebanyak 76,7% sedangkan dari 17 responden yang pengetahuan tenaga kesehatannya kurang Kepuasan atau kesembuhan balitanya juga kurang sebanyak 58,8% dan dari 26 responden yang penatalaksanaan MTBS yang Kepuasan atau kesembuhan balitanya baik sebanyak 80,8% sedangkan dari 21 responden yang penatalaksanaan MTBSnya kurang Kepuasan atau kesembuhan balitanya juga kurang sebanyak 57,1%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan semua variabel independen (pengetahuan tenaga kesehatan dan penatalaksanaan MTBS) mempunyai hubungan dengan Kepuasan atau kesembuhan balita umur 2 bulan sampai 5 tahun dimana p value < α (0,05). Diharapkan kepada tenaga kesehatan Puskesmas teunom agar dapat lebih meningkatkan lagi kinerjanya dalam pelaksanaan MTBS, dan Kepada Ibu-ibu agar lebih meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelaksanaan MTBS kepada balita dan pencegahan terhadap penyakit-penyakit pada balita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 21 Sep 2017 11:03
Last Modified: 21 Sep 2017 11:07
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/466

Actions (login required)

View Item View Item