HUBUNGAN SISTEM INFORMASI TERHADAP PEMAHAMAN KESEHATAN IBU DAN ANAK DI UPTD PUSKESMAS PEUREUMEU KACAMATAN KAWAY XVI KABUPATEN ACEH BARAT

NURAZIZAH, NIM: 08C10104116 (2013) HUBUNGAN SISTEM INFORMASI TERHADAP PEMAHAMAN KESEHATAN IBU DAN ANAK DI UPTD PUSKESMAS PEUREUMEU KACAMATAN KAWAY XVI KABUPATEN ACEH BARAT. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I_V.pdf

Download (245kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Sistem informasi adalah suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi ,bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan. Untuk mengukur kemampuan dalam pencapaian keberhasilan kegiatan dilakukan monitoring. Salah satu tujuan dari monitoring program KIA adalah memantau perkembangan pelayanan KIA ditempat pelayananan. Monitoring hasil program KIA di Puskesmas dilakukan berdasarkan laporan bulanan KIA, kelahiran dan kematian per desa, penemuan kasus berat badan lahir rendah (BBLR) per desa, penemuan kasus tetanus neonatorum per desa, kematian ibu, registrasi kematian perinatal (0- 7) hari, rekapitulasi pelacakan kematian neonatal. Populasi penelitian berjumlah 464 dengan sampel 82 orang ibu-ibu yang memiliki bayi dan balita. Uji statistik menggunakan chi-square test pada taraf signifikan 95 % dengan aplikasi pemograman komputer. Hasil penelitian diperoleh ada hubungan yang signifikan antara media eletronik terhadap pemaham kesehatan ibu dan anak dimana nilai pvalue = 0,003 yang berarti lebih kecil dari α- value (0,05), Terdapat hubungan yang signifikan antara media cetak terhadap pemahaman kesehatan ibu dan anak dimana nilai p- value = 0,001 yang berarti lebih kecil dari α-value =(0,05). Ada hubungan yang signifikan antara media luar ruangan terhadap pemahaman kesehatan ibu dan anak dimana nilai p-value = 0,0001 yang berarti lebih kecil dari α-value (0,05)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 21 Sep 2017 10:43
Last Modified: 21 Sep 2017 10:43
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/462

Actions (login required)

View Item View Item