Gambaran Pasien Hipertensi Terkait Dengan Kepatuhan Dalam Mengurangi Faktor Resiko di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Daerah Nagan Raya.

NAZAR NIATI, NIM : 08c10104135 (2013) Gambaran Pasien Hipertensi Terkait Dengan Kepatuhan Dalam Mengurangi Faktor Resiko di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Daerah Nagan Raya. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I_V.pdf

Download (244kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Perilaku gaya hidup merupakan faktor pendukung dasar kemampuan seorang melakukan perawatan diri. Perawatan diri adalah praktek aktifitas dan membentuk sikap untuk mempertahankan kehidupan, kesehatan dan kesejahteraan yang merupakan perilaku dimana individu mulai melingdungi dirinya sendiri dengan halhal yang berharga. Sementara gaya hidup secara luas didefinisikan sebagai cara hidup yang diidentifikasikan bagaimana orang menghabiskan waktu mereka. Apa yang mereka anggap penting dalam lingkungannya atau ketertarikannya terhadap suatu hal dan apa yang mereka pikirkan tentang diri mereka sendiri dan dunia disekitarnya. Hipertensi tidak selamanya harus diobati dengan cara farmakologis tapi bisa tanpa dengan obat yaitu dengan Lifestyle Modification (mengubah gaya hidup) atau merupakan gaya hidup sehat yaitu pengaturan diet atau pola makan, mengurangi komsumsi alkohol, menghindari rokok, menurunkan berat badan, olah raga teratur serta mengendalikan stress. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana gaya hidup pasien Hypertensi yang berobat pada bagian poli klinik penyakit dalam Rumah Sakit Umum Daerah Nagan Raya dengan sampel 90 orang. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu survey kuantitatif. Penelitian ini di laksanakan sejak tanggal 28 juni sampai dengan 21 juli tahun 2013. Pengolahan data dilakukan secara SPSS. Hasil penelitian menunjukkan masih banyaknya pasien hypertensi yang tidak menerapkan gaya hidup sehat sesuai dengan yang di anjurkan bagi pasien hypertensi. Harapan penulis agar penelitian ini dapat menjadi masukan bagi masyarakat pada umumnya serta bagi penderita hypertensi pada khususnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 21 Sep 2017 10:36
Last Modified: 21 Sep 2017 10:36
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/458

Actions (login required)

View Item View Item