FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MINAT IBU UNTUK MEMILIH IMPLANT SEBAGAI ALAT KONTRASEPSI DI UPTD PUSKESMAS PEUREUME KACAMATAN KAWAY XVI KABUPATEN ACEH BARAT

MAWARDIANA, NIM : 08C10104112 (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MINAT IBU UNTUK MEMILIH IMPLANT SEBAGAI ALAT KONTRASEPSI DI UPTD PUSKESMAS PEUREUME KACAMATAN KAWAY XVI KABUPATEN ACEH BARAT. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I_V.pdf

Download (220kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Masalah utama yang sedang dihadapi negara-negara yang sedang berkembang termasuk Indonesia adalah masih tingginya laju pertumbuhan penduduk dan kurang seimbangnya penyebaran dan struktur umur penduduk. Keadaan penduduk yang demikian telah mempersulit usaha peningkatan dan pemerataan kesejahteraan rakyat. Semakin tinggi pertumbuhan penduduk semakin besar usaha yang diperlukan untuk mempertahankan tingkat tertentu kesejahteraan rakyat. Di UPTD Puskesmas Peureume Kecamatan Kaway XVI peserta KB aktif pada tahun 2012 sebanyak 3351. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan minat ibu untuk memilih alat kontrasepsi implant di UPTD Puskesmas Peureumeu Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat. Populasi penelitian berjumlah 3328 aseptor KB dengan sampel 97 orang ibu-ibu yang menggunakan KB. Uji statistik menggunakan chi-square test pada taraf signifikan 95 % dengan aplikasi pemprograman komputer. Hasil penelitian diperoleh ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan penggunaan alat kontrasepsi implant dimana nilai p-value = 0,001 yang berarti lebih kecil dari α- value (0,05), Terdapat hubungan yang signifikan antara pendidikan dengan penggunaan alat kontrasepsi implant dimana nilai p- value = 0,03 yang berarti lebih kecil dari α-value =(0,05). Terdapat hubungan yang signifikan antara sikap dengan penggunaan alat kontrasepsi implant dimana nilai p-value = 0,004 yang berarti lebih kecil dari α-value (0,05). Tidak ada hubungan yang signifikan antara umur dengan penggunaan alat kontrasepsi implant dimana nilai p-value = 0,372 yang berarti lebih besar dari α-value (0,05)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 21 Sep 2017 09:55
Last Modified: 21 Sep 2017 09:55
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/448

Actions (login required)

View Item View Item