Faktor-faktor yang berhubungan dengan Kepemilikan Rumah Sehat pada Kepala Keluarga di Desa Parom Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya

FATWA RIFAIZI, NIM : 06C10104188 (2013) Faktor-faktor yang berhubungan dengan Kepemilikan Rumah Sehat pada Kepala Keluarga di Desa Parom Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I-V.pdf

Download (634kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Rumah merupakan kebutuhan dasar manusia dan juga merupakan determinan kesehatan masyarakat. Hal ini disebabkan hampir separuh hidup manusia akan berada di rumah, sehingga kualitas rumah akan sangat berdampak terhadap kondisi kesehatan penghuninya. Jenis penelitian bersifat analitik dengan rancangan Crossectional yang bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang berhubungan dengan kepemilikan rumah sehat di Desa Parom Kecamatan Seunagan Tahun 2013. Data dianalisis dalam bentuk analisis univariat bivariat. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kepala keluarga yang ada di Desa Parom Kecamatan Seunagan sebanyak 209 kepala keluarga (KK). Sampel diambil dengan teknik simple random sampling (acak sederhana) dengan alasan masing-masing dari populasi dapat terpilih menjadi sampel karena semua anggota dari populasi memperoleh kesempatan yang sama untuk dipilih sehingga diperoleh sebanyak 67 kepala keluarga. Hasil penelitian diperoleh ada hubungan pengetahuan dengan kepemilikan rumah sehat (p value = 0,00 < 0,05), ada hubungan sikap dengan kepemilikan rumah sehat (p value = 0,00 < 0,05). Masyarakat terutama kepala keluarga diharapkan lebih berperan aktif dalam menciptakan rumah dan lingkungan yang sehat melalui kegiatan-kegiatan secara rutin, misalnya bergotong royong untuk membuat dan membersihkan saluran pembuangan air limbah (SPAL).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Kiswanto, M.Si Pembimbing II : Hasrah Junaidi, SKM
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Kepala Keluarga, Rumah Sehat
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 12 Sep 2017 20:23
Last Modified: 12 Sep 2017 20:23
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/44

Actions (login required)

View Item View Item