GAMBARAN KARAKTERISTIK TERHADAP KECEMASAN IBU PRIMI GRAVIDA TRIMESTER III DALAM MENGHADAPI PERSALINAN DI POLI KEBIDANAN RSUD CUT NYAK DHIEN MEULABOH TAHUN 2013

EKA TRIANA, NIM: 06C10104181 (2013) GAMBARAN KARAKTERISTIK TERHADAP KECEMASAN IBU PRIMI GRAVIDA TRIMESTER III DALAM MENGHADAPI PERSALINAN DI POLI KEBIDANAN RSUD CUT NYAK DHIEN MEULABOH TAHUN 2013. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I-V.pdf

Download (241kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Dalam tindakan persalinan ini, biasanya akan mendatangkan sikap dan perilaku cemas. Sikap yang dimunculkan berupa kecemasan akan berbeda pada setiap individu. Namun demikian pada keadaan pra partum setiap orang akan selalu terjadi ketakutan dan mengalami penghayatan yang umum. Dan keadaan yang semacam itu merupakan bagian dari gejala kecemasan. Penelitian ini jenis deskriptif ekploratif dengan pendekatan Cross Sectional Study. Dengan pengambilan sampel secara Accidental sampling, maka diperkirakan berdasarkan jumlah rata-rata kunjungan ibu hamil perbulan sebanyak 42 orang. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner dan data sekunder melalui literatur pustaka dan data dari Rekam Medik RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh. Hasil analisa secara univariat didapatkan hasil yaitu, Umur responden terbanyak adalah dewasa awal (20-35 tahun), tingkat pendidikan responden terbanyak adalah pendidikan tinggi (42,86%), tingkat pendapatan keluarga responden terbanyak adalah pendapatan tinggi (88,10%), tingkat kecemasan responden terbanyak adalah kecemasan sedang (66,66%), tabulasi antara umur dengan tingkat kecemasan terbanyak adalah umur dewasa awal dengan tingkat kecemasan sedang yaitu, 24 orang (57,14%), Tabulasi antara tingkat pendidikan dengan Tingkat Kecemasan terbanyak adalah pendidikan tinggi dengan tingkat kecemasan sedang yaitu, 13 orang (30,95%), Tabulasi antara tingkat pendapatan dengan Tingkat Kecemasan terbanyak adalah pendapatan tinggi dengan tingkat kecemasan sedang yaitu, 26 orang (61,90%). Disarankan kepada pihak RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh untuk meningkatkanpenyuluhan terutama bagi tenaga kesehatan bidan agar pemahaman ibu hamil khususnya ibu hamil primi gravida trimester III. Bagi tenaga kesehatan terutama bidan dalam memberikan asuhan kebidanan selalu memperhatikan faktor psikologis dan kecemasan ibu primi gravida trimester III dalam menghadapi proses persalinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Salman Rusly, SKM,M.Epid Pembimbing II : Evi Darni, S.Kep, MKM.
Uncontrolled Keywords: Cemas, Primi Gravida trimester III
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 12 Sep 2017 20:19
Last Modified: 12 Sep 2017 20:19
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/43

Actions (login required)

View Item View Item