PENGARUH EFEK PEMBERITAAN MEDIA MASSA TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG KORBAN COVID-19 (Studi Kasus Desa Lapang Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat)

DEWI PURWANTI, NIM: 1705905030014 (2021) PENGARUH EFEK PEMBERITAAN MEDIA MASSA TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG KORBAN COVID-19 (Studi Kasus Desa Lapang Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat). Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar.

[thumbnail of BAB I-V.pdf] Text
BAB I-V.pdf

Download (3MB)

Abstract

Efek pemberitaan media massa merupakan sesuatu yang urgen, mengingat
sekarang merupakan era keberlimpahan informasi hoax dan belum tentu jelas
kebenarannya apalagi terhadap keluarga korban covid-19. Sayangnya, efek
pemberitaan media massa juga mempunyai sisi negatif terutama pada korban
covid-19. Maka dari itu pada penelitian kali ini peneliti mencoba meneliti Efek
Pemberitaan Media Massa Terhadap Persepsi Masyarakat Tentang Keluarga
Korban Covid-19 Terkhusus Di Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh
Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang Bagaimana
Pemberitaan Media Massa Terhadap Persepsi Masyarakat Tentang Korban Covid19 Terkhusus Di Desa Lapang Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh
Barat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif
dengan pendekatan kuantitatif. dan penelitian ini menggunakan simple random
sampling. masyarakat Desa Lapang Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh
Barat dengan jumlah 5.329 jiwa. Kemudian dipersempit dengan menggunakan
rumus Slovin. Maka dapat di ambil sample pada penelitian ini sebanyak 98
responden. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, maka
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara efek pemberitaan media massa
terhadap psikologi masyarakat tentang korban Covid-19 di desa Lapang
Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat yaitu sebanyak 35% dan sisa
65% lainya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak peneliti teliti, pada penelitian
ini efek kognitif memiliki pengaruh 0.584 efek kognitif merupakan efek yang
terjadi bila ada perubahan pada apa yang diketahui, dipahami oleh kayak. dan efek
afektif sebesar 0.674 menunjukan adanya pengaruh yang cukup kuat dimana efek
afektif merupakan adalah lanjutan dari efek kognitif dimana khalayak
mendapatkan efek dari media sehingga khalayak dapat merasakan perasaan
perasaan seperti sedih, iba, marah dan ketakutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Teuku Hermilan, S. IP
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:07
Last Modified: 27 Feb 2023 03:07
URI: http://repositori.utu.ac.id/id/eprint/43

Actions (login required)

View Item
View Item