Faktor-faktor yang berhubungan dengan disiplin kerja petugas kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya tahun 2013

IRWAN SANDI, NIM : 08C10104001 (2013) Faktor-faktor yang berhubungan dengan disiplin kerja petugas kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya tahun 2013. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I_V.pdf

Download (239kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Disiplin kerja juga memegang peranan yang sangat penting dalam upaya meningkatkan prestasi kerja pegawai. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi timbulnya perilaku disiplin kerja, yaitu: tujuan pekerjaan dan kemampuan pekerjaan, keteladanan pemimpin, kesejahteraan, keadilan, pengawasan melekat (waskat), sanksi hukum, ketegasan, dan hubungan kemanusiaan. Tingkat kehadiran pegawai Dinas Kesehatan Nagan Raya sebagai salah satu pola tingkah laku yang menjadi acuan kedisplinan di Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya hanya 80% atau rata-rata 21 hari per bulan. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 15-20 April 2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian analitik yaitu untuk menganalisa Faktor-faktor yang berhubungan dengan disiplin kerja petugas kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya tahun 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pegawai yang ada di Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya. Pengambilan sampel secara total populasi dengan jumlah sampel sebanyak 59 orang. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dengan analisa statistik menggunakan uji Chi square dengan tingkat kepercayaan 95% (α:0,05). Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan balas jasa, keadilan, pengawasan melekat (waskat), ketegasan, dan hubungan antar manusia dengan disiplin kerja pegawai. Dari keseluruhan variable yang berhubungan, variable keadilan memiliki pengaruh paling kuat dengan nilai p=0,003. Disarankan kepada Pimpinan Dinas Kesehatan untuk berupaya memberikan dukungan atau motivasi dalam peningkatan disiplin kerja pegawai dengan didasari dari indikator-inkator kedisiplinan kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 21 Sep 2017 08:14
Last Modified: 21 Sep 2017 08:14
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/428

Actions (login required)

View Item View Item