ANALISIS KANDUNGAN FORMALIN PADA IKAN ASIN YANG DIPASOK DARI LUAR ACEH DI PASAR BINA USAHA KOTA MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT

INDAH ROSIDAWANA, NIM :08C10104121 (2013) ANALISIS KANDUNGAN FORMALIN PADA IKAN ASIN YANG DIPASOK DARI LUAR ACEH DI PASAR BINA USAHA KOTA MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT. Diploma thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I_V.pdf

Download (144kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Formalin adalah salah satu bahan tambahan makanan untuk pengawet yang dilarang secara resmi melalui Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1169/MenKes/Per/X/1999. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya kadar formalin pada ikan asin yang dipasok dari luar Aceh yang dijual di Pasar Bina Usaha Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Jenis penelitian ini bersifat Eksperimen dengan menggunakan pendekatan analisis kualitatif, sampel adalah seluruh pedagang ikan asin dengan jumlah 4 tempat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukan dari 4 tempat pedagang ikan asin masing – masing tempat diambil 2 sampel yang diuji semua positif formalin. Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap ikan asin yang dipasok dari luar Aceh, disimpulkan bahwa pengawasan dan distribusi formalin yang dilakukan oleh pihak terkait masih belum optimal, terbukti masih adanya kandungan formalin pada ikan asin dengan tujuan agar ikan asin yang dijual dapat bertahan lama, hal ini sangat bertentangan dengan peraturan yang sudah ada dan sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Perlu adanya penyuluhan kepada masayakat tentang bahaya formalin bagi kesehatn apabila salah dalam penggunaanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 21 Sep 2017 08:09
Last Modified: 21 Sep 2017 08:09
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/426

Actions (login required)

View Item View Item