PENGETAHUAN DAN SIKAP MAHASISWI DALAM PEMAKAIAN KOSMETIK PEMUTIH WAJAH DI FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS TEUKU UMAR

CUT RINI SUSANTI, NIM : 08C10104090 (2013) PENGETAHUAN DAN SIKAP MAHASISWI DALAM PEMAKAIAN KOSMETIK PEMUTIH WAJAH DI FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS TEUKU UMAR. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I_V.pdf

Download (713kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Dewasa ini terdapat ribuan kosmetik di pasar bebas. Kosmetik tersebut adalah produk pabrik didalam dan luar negeri yang jumlahnya telah mencapai angka ribuan. Pemakaian kosmetik ini diperlukan oleh semua orang khususnya wanita, ingin tampil cantik merupakan hal yang alami bagi wanita. Efek samping kosmetik menimbulkan kekhawatira pengguna kosmetik yaitu kaum wanita terutama remaja yang tetap ingin menjaga penampilan wajah efek samping kosmetik pada diri mereka.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan dan sikap Mahasiswi dalam pemakaian kosmetik pemutih wajah di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar. Sampel dalam penelitian ini adalah 6 mahasiswi yang menggunakan kosmetik pemutih di FKM-UTU dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Dari hasil penelitian diketahui bahwa mahasiswi FKM-UTU pengetahuan kosmetik pemutih wajah banyak diantara mereka mengetahui dampak buruk dari kosmetik, namun efek hasil yang memutihkan wajah lebih membuat mereka tertarik terlihat dari jawaban yang diberikan dimana mereka menjawab bahwa penggunaan merkuri bisa membuat kanker kulit. Hasil penelitian sikap Mahasiswi FKM-UTU tentang pengguna kosmetik pemutih ada yang menjawab tidak setuju pada pertanyaan “penggunaan kosmetik merkuri dilarang beredar” ini mengartikan bahwa ketergantungan pemakai yang lebih suka jika terlihat putih tanpa menghiraukan apa efek yang akan ditimbulkannya. Kepada Mahasiswi FKM-UTU yang akan menjadi kader kesehatan masyarakat sebaiknya lebih selektif lagi dalam pemilihan kosmetik wajah diman harus memikirkan konsekuensi yang ditimbulkan sangat berbahaya tidak hanya memperhatikan efek cantik yang diberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 21 Sep 2017 06:32
Last Modified: 21 Sep 2017 06:32
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/413

Actions (login required)

View Item View Item