FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA SISA MAKANAN PADA PASIEN RAWAT INAP DI RUANG PENYAKIT DALAM RSUD CUT NYAK DHIEN MEULABOH

AYU ANDANI M., NIM : 08C10104036 (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA SISA MAKANAN PADA PASIEN RAWAT INAP DI RUANG PENYAKIT DALAM RSUD CUT NYAK DHIEN MEULABOH. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I_V.pdf

Download (277kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Pelayanan Gizi Rumah Sakit sangat berpengaruh dalam menyediakan makanan bagi orang sakit, sehingga tujuan penyelenggaraan makanan di Rumah Sakit adalah untuk memenuhi kebutuhan gizi pasien guna mempercepat penyembuhan dan memperpendek hari rawat.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya Sisa Makanan Pada Pasien Yang Di RawatInap Di Ruang Penyakit Dalam Di RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh Tahun 2013. Penelitian ini bersifat analitik dengan desain cross sectional, pengumpulan data dilakukan mulai tanggal 22 sampai dengan 28 Mei 2013 di RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh pasien di Ruang Penyakit Dalam dengan jumlah sampel 46 orang yang diambil dengan teknik Accidental Sampling. Uji statistik menggunakan Chi-square test pada taraf signifikan 95%. Hasil penelitian didapatkan bahwa sisa makanan kategori tidak bersisa sebanyak 41,3%, pada kategori sisa serempat sebanyak 39,1%, pada kategori sisa sebagian sebanyak 8,7%, dan pada kategori tidak dimakan sebanyak 10,9%. Dari uji statistik diperoleh adanya pengaruh yang bermakna antara kebiasaan makan pasien dengan sisa makanan dimana nilai p-value 0,024 yang berarti lebih kecil dari α (0,05),ada pengaruh antara rasa makanan dengan sisa makanan dimana pvalue 0,011 berarti lebih kecil dari α (0,05), tidakada pengaruh antara kebersihan dengan sisa makanan dimana p-value 0,679 yang berarti lebih besar dari α (0,05). Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada penyelenggara makanan rumah sakit dan petugas gizi untuk meningkatkan pelayanan gizi rumah sakit dan tetap memperhatikan keadaan pasien serta memotivas ipasien agar dapat mengkonsumsi makanan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 21 Sep 2017 06:18
Last Modified: 21 Sep 2017 06:18
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/406

Actions (login required)

View Item View Item