Hubungan Perilaku dan Tingkat Pendidikan yang Mempengaruhi Antenatal Care Ibu Hamil di Poliklinik Kebidanan BLUD RSUD Nagan Raya Tahun 2013

CUT EVA HANDAYANI, NIM: 06C10104300 (2013) Hubungan Perilaku dan Tingkat Pendidikan yang Mempengaruhi Antenatal Care Ibu Hamil di Poliklinik Kebidanan BLUD RSUD Nagan Raya Tahun 2013. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I-V.pdf

Download (266kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Masalah kesehatan ibu dan anak merupakan masalah nasional yang perlu mendapatkan prioritas utama khususnya bagi ibu hamil. Masa kehamilan ini merupakan masa yang berbahaya bagi bayi/balita karena terdapat risiko infeksi yang lebih tinggi selama proses ini, dan sebaiknya untuk melakukan pemeriksaan kehamilan sejak ibu merasa hamil. Selain itu, pengetahuan yang baik serta sikap yang mendukung merupakan salah satu faktor yang berhubungan terhadap antenatal care secara rutin. Maka penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan pengetahuan, sikap, tindakan dan pendidikan ibu hamil dengan antenatal care. Hipotesis yang diajukan ialah adanya hubungan pengetahuan, sikap, tindakan dan pendidikan ibu hamil dengan antenatal care. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional, menggunakan data primer dari wawancara terpimpin dengan kuesioner serta data sekunder dari Medical Record RSUD. Penelitian ini dilaksanakan di Poliklinik Kebidanan BLUD RSUD Nagan Raya Tahun 2013. Populasi penelitian ialah seluruh ibu hamil yang berkunjung di Poliklinik Kebidanan BLUD RSUD Nagan Raya Tahun 2013, sehingga diperoleh sampel sebanyak 112 orang. Analisis data secara bivariat menggunakan uji statistik Chi Square dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pengetahuan ibu hamil dari seluruh sampel paling banyak memiliki pengetahuan yang baik, yaitu sebanyak 108 orang (96%). Sikap Ibu hamil dari seluruh sampel, memperlihatkan sikap yang setuju sebanyak 73 orang (65,1%). Tindakan Ibu hamil dari seluruh sampel, memperlihatkan tindakan yang baik sebanyak 94 orang (80%). Pendidikan Ibu hamil dari seluruh sampel, memperlihatkan pendidikan tamat Akademi/PT sebanyak 42 orang (37,4%). Sedangkan antenatal care atau pemeriksaan ibu hamil yang baik sebanyak 65 orang (58%). Uji statistik memperlihatkan bahwa adanya hubungan antara Pengetahuan (χ2-hitung = 5,740), Sikap (χ2-hitung = 5,130), Tindakan (χ2-hitung = 5,370) dan Pendidikan (χ2-hitung = 6,870) terhadap Antenatal Care atau Pemeriksaan Kehamilan oleh ibu hamil. Agar dapat meningkatkan pengetahuan dengan mengikuti penyuluhanpenyuluhan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan baik di Posyandu, Puskesmas dan Rumah Sakit sehingga diharapkan dapat merubah perilaku pemeriksaan kehamilan pada pelayanan kesehatan. Bagi ibu hamil perlu pemeriksaan kehamilan secara rutin agar kondisi ibu dan janin yang dikandung berada pada kondisi yang sehat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Sariaman Sitanggang, S.Si, Apt, MARS Pembimbing II : Salman Rusly, SKM, M.Epid
Uncontrolled Keywords: Antenatal Care, Perilaku dan Pendidikan Ibu Hamil,
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 12 Sep 2017 18:07
Last Modified: 12 Sep 2017 18:07
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/39

Actions (login required)

View Item View Item