Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Yang Mempunyai Balita Tentang Manfaat Posyandu Di Desa Kubang Gajah Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya

CUT ELVIDA KHARISMA DEWI, NIM : 06C10104173 (2013) Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Yang Mempunyai Balita Tentang Manfaat Posyandu Di Desa Kubang Gajah Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I-V.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Posyandu merupakan salah satu pelayanan kesehatan di Desa untuk memudahkan masyarakat untuk mengetahui atau memeriksakan kesehatan terutama untuk ibu hamil dan anak balita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi, sikap dan pekerjaan dengan manfaat posyandu di Desa kubang Gajah Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Aceh Barat. Populasi penelitian berjumlah 50 orang dengan sampel 50 orang yang diambil dengan teknik total populasi. Uji statistik menggunakan Chi-square test pada taraf signifikan 95% dengan aplikasi pemograman komputer. Hasil penelitian diperoleh terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan manfaat posyandu dimana nilai p-value = 0,010 yang berarti lebih kecil dari α-value (0,05), terdapat hubungan yang signifikan antara sikap dengan manfaat posyandu dimana nilai p-value = 0,043 yang berarti lebih kecil dari α-value (0,05), dan terdapat hubungan yang signifikan antara pekerjaan dengan manfaat posyandu dimana p-value = 0,001 yang berarti lebih kecil dari α-value (0,05). Diharapkan kepada masyarakat di Desa Kubang Gajah khususnya ibu-ibu yang mempunyai balita agar lebih berperan aktif dalam posyandu demi pencapaian kesehatan bagi anak dan diharapkan juga kepada aparatur Desa agar dapat berperan dalam membantu petugas posyandu dalam memberikan sarana dan prasarana demi kelancaran kegiatan yang dilakukan oleh petugas posyandu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Jun Musnaidi Is, SKM Pembimbing II: M. Husin, SKM
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Sikap, Pekerjaan dan Manfaat Posyandu
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 11 Sep 2017 16:02
Last Modified: 11 Sep 2017 16:02
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/36

Actions (login required)

View Item View Item