PERSEPSI PETANI TERHADAP KELOMPOK TANI (Studi Kasus : Petani Padi Sawah di Gampong Blang Muko Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya)

ABDUL RANI, NIM : 08C10404031 (2014) PERSEPSI PETANI TERHADAP KELOMPOK TANI (Studi Kasus : Petani Padi Sawah di Gampong Blang Muko Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya). Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
I-V.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Pembinaan usahatani melalui kelompok tani tidak lain adalah sebagai upaya percepatan sasaran. Petani yang banyak jumlahnya dan tersebar di pedesaan yang luas, sehingga dalam pembinaan kelompok diharapkan timbulnya cakrawala dan wawasan kebersamaan memecahkan dan merubah citra usahatani sekarang menjadi usahatani masa depan yang cerah dan tetap tegar. Penelitian ini akan dilaksanakan selama dua bulan yaitu mulai bulan Desember 2012 s/d Januari 2013. Lokasi penelitian di Gampong Blang Muko Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode deskriptif yaitu menganalisa data dengan cara menggambarkan data yang telah terkumpul dan menyajikannya dalam bentuk angka-angka tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku umum. Analisis data juga menggunakan skala likert untuk memudahkan analisis pertanyaan yang diajukan kepada responden. Pemberian skor dimulai dari nilai tertinggi (3) dan skor terendah (1) Karakteristik responden dalam kategori umur berusia 40 – 60 tahun 63,33%. Karakteristik pendidikan formal dalam kategori “sedang” yaitu 43,33%, pendidikan nonformal dalam kategori sedang, yaitu 63,3 %. Karakteristik luas lahan dalam kategori “sedang” yaitu 50 %. Karakteristik pengalaman berusahatani dalam kategori “tinggi” yaitu 50 %. Faktor internal persepsi anggota terhadap peran kelompok tani sebagai kelas belajar dengan kategori “sedang” yaitu 56,6 %, sebagai unit produksi usahatani dengan kategori “sedang” yaitu 56,6 %, sebagai wahana kerjasama dengan kategori “sedang” yaitu 63,33 %

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Teuku Fajri El Caramoy
Date Deposited: 19 Sep 2017 14:26
Last Modified: 19 Sep 2017 14:26
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/324

Actions (login required)

View Item View Item