PENGARUH KONSENTRASI DAN INTERVAL WAKTU PEMBERIAN POC BINTANG KUDA LAUT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN TERUNG (Solanum melongena L.)

JUNI GUNAWAN, NIM : 07C10407087 (2013) PENGARUH KONSENTRASI DAN INTERVAL WAKTU PEMBERIAN POC BINTANG KUDA LAUT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN TERUNG (Solanum melongena L.). Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I_V.pdf

Download (229kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di desa Seuneubok Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Pelaksanaan penelitian dimulai dari 2 Mei sampai dengan 7 September 2012. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi dan interval waktu pemberian POC Bintang Kuda Laut yang sesuai terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman terung serta nyata tidaknya interaksi antara kedua faktor tersebut. Benih yang digunakan dalam penelitian ini adalah benih terung varietas Bungo F1, pupuk kandang sapi, pupuk Urea, SP-36 dan KCl sebagai pupuk dasar, dan POC Bintang Kuda Laut. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial 3 x 4 dengan 3 ulangan, ada 2 faktor yang diteliti yaitu faktor konsentrasi terdiri dari 4 taraf yaitu 0 cc/liter air, 1 cc/liter air, 3 cc/liter air, dan 5 cc/liter air, dan faktor interval waktu pemberian pupuk terdiri dari 3 taraf yaitu 10 hari sekali, 20 hari sekali, dan 30 hari sekali. Parameter yang diamati meliputi tinggi tanaman pada umur 20, 30 dan 40 HST, diameter pangkal batang pada umur 20, 30 dan 40 HST, jumlah daun pada umur 20, 30, dan 40 HST, jumlah buah dan berat buah terung yang dihitung pada saat panen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi POC Bintang Kuda Laut berpengaruh sangat nyata terhadap semua parameter pertumbuhan dan produksi tanaman terung yang diamati. Pertumbuhan dan produksi tanaman terung terbaik dijumpai pada perlakuan konsentrasi 3 cc/liter air. Interval waktu pemberian POC Bintang Kuda Laut berpengaruh sangat nyata terhadap semua peubah pertumbuhan dan produksi tanaman terung yang diamati. Produksi tanaman terung terbaik dijumpai pada perlakuan interval waktu pemberian pupuk 10 hari sekali dan 20 hari sekali. Tidak terdapat interaksi yang nyata antara konsentrasi dan interval waktu pemberian POC Bintang Kuda Laut terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman terung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroteknologi
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 19 Sep 2017 13:45
Last Modified: 19 Sep 2017 13:45
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/321

Actions (login required)

View Item View Item