PENGARUH KONSENTRASI DAN INTERVAL WAKTU PEMBERIAN POC BIOBOOST TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT TANAMAN KAKAO (Theobroma cacaoL.)

HUSNI ARDI, NIM : 07C10407066 (2013) PENGARUH KONSENTRASI DAN INTERVAL WAKTU PEMBERIAN POC BIOBOOST TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT TANAMAN KAKAO (Theobroma cacaoL.). Diploma thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I_V.pdf

Download (282kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi dan interval waktu pemberian POC Bioboost, serta nyata tidaknya interaksi antara kedua faktor tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dikebun percobaan Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar, Meulaboh Aceh Barat dari tanggal 3 Januari sampai 31 Maret 2012 Bahan yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari benih kakao, POC Bioboost, pupuk kandang, polibag, tanah lapisan atas (Top Soil), Sumber dari Gampong Suak Layang sedangkan Alat yang digunakan dalam penelitian adalah penggaris, pensil, kertas, hand sprayer, timbangan, jangka sorong, bambu, cangkul, serta alat bantu lainnya. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial 3 x 3 dengan 3 ulangan. Faktor yang diteliti yaitu konsentrasi dan interval waktu pemberian POC Bioboost. Faktor konsentrasi POC Bioboost terdiri dari 3 taraf yaitu : 5 ml l air-1,10 ml l air-1 dan 15 ml l air-1.Sedangkan Faktor interval waktupemberian POC Bioboost terdiri dari 10, 20 dan 30 hari sekali. Peubah yang diamati adalah pertambahan tinggi tanaman, pengukuran ini dilakukan pada umur 30, 60 dan 90 HST, pertambahan diameter pangkal batang,pengukuran ini dilakukan pada umur 30, 60 dan 90 HST, pertambahan jumlah daun, pengukuran ini dilakukan pada umur 30, 60 dan 90 HST, serta pertambahan luas daun,pengukuran ini dilakukan pada umur 30, 60 dan 90 HST. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi POC Bioboost berpengaruh nyata terhadap semua peubah yang diamati yaitu pertambahan tinggi tanaman, pertambahan diameter pangkal batang, pertambahan jumlah daun dan pertambahan luas daun bibit kakao umur 60 dan 90 HST. Namun tidak berpengaruh nyata terhadap pertambahan tinggi tanaman, pertambahan diameter pangkal batang, pertambahan jumlah daun umur 30 HST serta pertambahan luas daun. Dari berbagai perlakuan yang dicobakan, ternyata pertumbuhan bibit tanaman kakao yang terbaik dijumpai pada perlakuan konsentrasi 15 ml l air-1. Interval waktu pemberian POC Bioboost berpengaruh nyata terhadap pertambahan tinggi bibit kakao umur 60 dan 90 HST, berpengaruh nyata terhadap pertambahan diameter pangkal batang, pertambahan jumlah daun dan pertambahan luas daun umur 90 HST. Namun tidak berpengaruh nyata terhadap pertambahan diameter pangkal, pertambahan jumlah daun umur 30 dan 60 HST serta pertambahan luas daun. Dari berbagai interval waktu pemberian POC Bioboost yang dicobakan, ternyata pertumbuhan bibit kakao yang terbaik dijumpai pada interval waktu 20 hari sekali. Tidak terdapat interaksi yang nyata antara perlakuan konsentrasi dan interval waktu pemberian POC Bioboost terhadap semua peubah yang diamati. Hal ini berarti perbedaan respons bibit kakao akibat berbedanya interval waktu pemberian POC Bioboost tidak tergantung pada konsentrasi POC Bioboost dan begitu juga sebaliknya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroteknologi
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 19 Sep 2017 11:29
Last Modified: 19 Sep 2017 11:29
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/312

Actions (login required)

View Item View Item