PENGARUH MEDIA TANAM DAN KONSENTRASI ZAT PENGATUR TUMBUH DEKAMON TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KEDELAI (Glycine max (L.) Merrill )

EKA MARIZA, NIM : 07C10407038 (2013) PENGARUH MEDIA TANAM DAN KONSENTRASI ZAT PENGATUR TUMBUH DEKAMON TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KEDELAI (Glycine max (L.) Merrill ). Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I_V.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media tanam dan konsentrasi zat pengatur tumbuh dekamon yang tepat terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai serta interaksi antara kedua faktor tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di kebun percobaan Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar, Meulaboh Aceh Barat dari tanggal 2 April 2012 sampai dengan 29 Juli 2012. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini berupa benih kedelai, tanah yang digunakan jenis tanah Alluvial, legium inokulan (tanah bekas kacang tanah), pupuk kandang dari kotoran sapi, zat pengatur tumbuh dekamon, polybag, pupuk dasar Urea, SP36, KCL dan pupuk susulan NPK. Sedangkan alat yang digunakan adalah garut, hand sprayer, meteran, rol, timbangan analitik, ayakan, sekop, cankul, parang, gembor, gelas ukur air dan alat tulis menulis. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial 3 x 4 dengan 3 ulangan. Faktor yang diteliti adalah faktor Media Tanam yang tediri atas tiga taraf, yaitu (M0) 1:0, (M1) 3:1 dan (M2) 1:1. Faktor Konsentrasi Zat Pengatur Tumbuh Dekamon yang terdiri dari empat taraf yaitu (D1) 0,5 ml/liter air, (D2)1,0 ml/liter air, (D3) 1,5 ml/liter air dan (D4) 2,0 ml/liter air. Peubah yang diamati adalah tinggi tanaman (cm), jumlah polong per tanaman, persentase polong bernas per tanaman, persentase polong hampa per tanaman, berat biji kering per tanaman (gr), dan berat 100 butir biji per tanaman (gr). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media tanam berpengaruh sangat nyata terhadap para meter tinggi tanaman umur 22, 29 dan 36 HST (cm), jumlah polong umur 65 dan 95 HST, persentase polong bernas per tanaman, persentase iv polong hampa per tanaman, berat biji kering per tanaman (gr), dan berat 100 butir biji per tanaman (gr). Konsentrasi zat pengatur tumbuh dekamon berpengaruh tidak nyata terhadap semua peubah yang diamati. Terdapat interaksi yang nyata antara kombinasi perlakuan media tanam dan konsentrasi zat pengatur tumbuh dekamon terhadap para meter tinggi tanaman umur 22, 29, 36 HST, dan berat 100 butir biji per tanaman (gr). Akan tetapih berpengaruh tidak nyata terhadap jumlah polong umur 65 dan 95 HST, persentase polong bernas per tanaman, persentese polong hampa per tanaman, dan berat biji kering per tanaman (gr).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroteknologi
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 18 Sep 2017 15:47
Last Modified: 18 Sep 2017 15:47
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/297

Actions (login required)

View Item View Item