Hubungan Status Gizi Dengan Tingkat Kecerdasan Pada Anak Usia Sekolah Dasar Ditinjau Dari Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Tingkat Pendidikan Ibu Di SD Negeri 1 Simpang Peut Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya Tahun 2013

SAMSUAR, NIM : 07C10104161 (2013) Hubungan Status Gizi Dengan Tingkat Kecerdasan Pada Anak Usia Sekolah Dasar Ditinjau Dari Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Tingkat Pendidikan Ibu Di SD Negeri 1 Simpang Peut Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya Tahun 2013. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I_V.pdf

Download (934kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Pada saat ini Indonesia menghadapi masalah gizi ganda yaitu masalah gizi kurang dan masalah gizi lebih. Masalah gizi kurang umumnya disebabkan oleh kemiskinan, kurangnya persediaan pangan, kurang baiknya kualitas lingkungan (Sanitasi), kurang pengetahuannya masyarakat tentang gizi menu seimbang, kesehatan dan adanya daerah miskin gizi (Iodium).Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan status gizi dengan tingkat kecerdasan pada anak usia sekolah dasar 6-12 tahun di SD Negeri 1 Simpang Peut Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu jenis Analitik dengan pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian adalah di SD Negeri 1 Simpang Peut. Penelitian di lakukan pada bulan Mei Tahun 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah 276 siswa, Pengambilan sampel dilakukan dengan tekhnik sratified random sampling yang berjumlah 73 siswa, uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji chi-square. Hasil penelitian ditemukan adanya hubungan antara status gizi dengan tingkat kecerdasan karena p value = 0,000 atau p = < 0,05 (α = 0,05). Jika dilihat dari OR yaitu sebesar 12,000, maka artinya status gizi kurang memiliki peluang 12 kali dibandingkan status gizi baik. Status sosial ekonomi orang tua dengan tingkat kecerdasan ada hubungan karena p value = 0,000 atau p = < 0,05 (α = 0,05). Jika dilihat dari OR yaitu sebesar 10,769, maka artinya Status sosial ekonomi orang tua yang kurang memilki peluang 10 kali dibandingkan dengan status sosial ekonomi orang tua yang tinggi Sedangkan tingkat pendidikan ibu dengan tingkat kecerdasan ada hubungan karena p value = 0,013 atau p = < 0,05 (α = 0,05) Jika dilihat dari OR yaitu sebesar 4,038, maka artinya tingkat pendidikan ibu yang rendah memiliki peluang 4 kali dibandingkan yang dengan tingkat pendidikan ibu yang tinggi. Disarankan kepada orang tua perlu membiasakan anak untuk mengkonsumsi makanan bergizi yang sebanding dengan energi yang digunakan untuk aktifitas anak setiap harinya, serta mendampingi dan berkomunikasi secara aktif kepada anak demi mendukung perkembangan kecerdasan anak, Dan disarankan juga kepada pihak sekolah dapat meningkatkan pemantauan dan perbaikan pelayanan gizi siswa, dengan Pemberian Makanan Tambahan (PMT), sehingga dapat membantu peningkatan kecerdasan siswa serta menunjang hasil belajarnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 17 Sep 2017 09:54
Last Modified: 17 Sep 2017 09:54
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/252

Actions (login required)

View Item View Item