Hubungan Perilaku Dengan Kepatuhan Ibu Hamil Dalam Konsumsi Tablet Besi (fe) Di Wilayah Kerja Puskesmas Meureubo, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat

JULIYANTI 07C10104075, NIM : 07C10104075 (2013) Hubungan Perilaku Dengan Kepatuhan Ibu Hamil Dalam Konsumsi Tablet Besi (fe) Di Wilayah Kerja Puskesmas Meureubo, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat. Skripsi thesis, Universitas Teuku Umar Meulaboh.

[img]
Preview
Text
BAB I_V.pdf

Download (239kB) | Preview
Official URL: http://utu.ac.id/

Abstract

Zat besi (fe) untuk pembentukan sel darah merah yang diperlukan untuk mengangkut oksigen keseluruh jaringan tubuh dimana pada saat hamil dibutuhkan untuk terhindar dari terkena anemia pada dirinya dan bayi yang dikandung. Di Wilayah kerja Puskesmas Meureubo sendiri penyakit anemia masih tergolong tinggi dimana pada tahun 2012-2013 terdapat 53 ibu hamil menderita anemia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perilaku dengan kepatuhan ibu hamil dalam konsumsi tablet zat besi di Wilayah kerja Puskesmas Meureubo tahun 2013. Penelitian ini bersifat analitik dengan desain crosssectional study, pengumpulan data dilakukan pada 4 September sampai 15 September 2013 di Wilayah kerja Puskesmas Meureubo dan data dikumpulkan dengan menggunakan Kuesioner populasi penelitian berjumlah 53 orang dengan 53 orang sampel yang diambil dari keseluruhan jumlah populasi. Uji statistic menggunakan chi-square pada tingkat kemaknaan 95% dengan aplikasi program komputerisasi. Hasil penelitian didapatkan dari uji statistic di peroleh adanya hubungan pengetahuan dengan kepatuhan ibu hamil dalam konsumsi tablet besi (p-value = 0,037) adanya hubungan antara sikap dengan kepatuhan ibu hamil dalam konsumsi tablet besi (p-value = 0,043), adanya hubungan tindakan dengan kepatuhan ibu hamil dalam konsumsi tablet besi (p-value = 0,043). Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada pemerintah dan pihak puskesmas agar melakukan peningkatan program promosi tentang pentingnya tablet besi pada ibu hamil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku, Kepatuhan, Ibu hamil, Tablet besi (fe)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Teuku Hermilan
Date Deposited: 17 Sep 2017 07:52
Last Modified: 17 Sep 2017 07:52
URI: http://repository.utu.ac.id/id/eprint/227

Actions (login required)

View Item View Item